Analisis Determinan Preferensi Nasabah Non Muslim Memilih Menggunakan Jasa Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.26618/j-hes.v6i01.6929Keywords:
Bank Syariah, Nasabah Non-Muslim, PreferensiAbstract
Abstrak
Nasabah non muslim merupakan bagian dari seluruh nasabah bank syariah yang juga menggunakan jasa bank, baik produk pendanaan, pembiayaan, maupun produk jasa bank lainnya. Nasabah nonmuslim yang cenderung lekat dengan sifat kapitalisme menjadi hal yang menarik untuk diteliti mengapa mereka memilih menggunakan jasa bank syariah yang jelas-jelas melekat pada nilai-nilai Islam, yaitu Al-Qur'an dan Hadist. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, layanan, fasilitas, dan promosi terhadap preferensi nasabah non muslim dalam memilih menggunakan jasa bank syariah di Kota Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data primer menggunakan metode kuesioner kepada 90 responden pada bank syariah yang ada di kota Manado. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa produk, jasa,nilai hitung yang lebih besar dari t tabel dan angka signifikan dibawah 0,05, berdasarkan perhitungan koefisien korelasi juga menyatakan bahwa hubungan antar variabel dikatakan kuat berdasarkan pengelompokan interval nilai yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini, bank syariah dapat menjaga dan meningkatkan kualitas produk, layanan, fasilitas dan promosi agar dapat menarik perhatian nasabah baru khususnya nasabah non muslim yang juga merupakan pangsa pasar yang menjanjikan.
Abstrak
Nasabah non muslim merupakan bagian dari seluruh pelanggan bank syariah yang juga menggunakan jasa bank baik produk pendanaan, pembiayaan maupun produk jasa bank lainnya. Nasabah non muslim yang cenderung lekat dengan sifat kapitalisme menjadi hal yang menarik untuk diteliti mengapa memilih menggunakan jasa bank syariah yang jelas lekat dengan nilai-nilai Islam yakni Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, pelayanan, fasilitas dan promosi terhadap preferensi nasabah non muslim memilih menggunakan jasa bank syariah di Kota Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data primer menggunakan metode angket kepada 90 orang responden di bank syariah di Kota Manado. Hasil dari penelitian ini yakni produk, pelayanan, fasilitas dan promosi dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah non muslim memilih menggunakan jasa bank syariah, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel dan angka yang berada di bawah 0,05, berdasarkan perhitungan koefisien korelasi juga menyatakan bahwa hubungan antar variabel dikatakan kuat berdasarkan pengelompokkan interval nilai yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini maka bank syariah dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, pelayanan, fasilitas dan promosi agar dapat menarik perhatian nasabah-nasabah baru terutama nasabah non muslim yang juga merupakan pangsa pasar yang dijanjikan.
References
Andrianto, & Firmansyah, A. (2019). Manajemen Bank Syariah. Qiara Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pJaeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=sejarah+bank+syariah+di+dunia&ots=v7tGJgQZqs&sig=5TuS5mVsFJevKIluzpOomZZmhmg&redir_esc=y#v=onepage&q=sejarah bank syariah di dunia&f=false
Anshori, A. G. (2018). Perbankan syariah di Indonesia. Gadjah Mada University Press. https://books.google.com/books/about/Perbankan_Syariah_di_Indonesia.html?hl=id&id=3eFdDwAAQBAJ
Asnawi. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Muslim dan Non Muslim Untuk Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Empiris Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Pangkalpinang. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik. (2021). Kota Manado Dalam Angka 2021. https://manadokota.bps.go.id/publication/2021/02/26/c2be37bbe3de4a2cc05bcd21/kota-manado-dalam-angka-2021.html
Dewi, A. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Terhadap Bank Syariah di Kota Palopo. Jurnal Akuntansi, 04(02), 1–12.
DJOD, K. dalam N. R. (2014). Daerah-Daerah Otonom Di Indonesia Sampai Dengan Tahun 2014. https://web.archive.org/web/20190712121648/http://otda.kemendagri.go.id/wp-content/uploads/2019/03/Pembentukan-Daerah-Daerah-Otonom-di-Indonesia-s.d-Tahun-2014-2.pdf
Fahmi, I. (2019). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Penerbit Alfabeta. https://cvalfabeta.com/product/perilaku-konsumen-teori-dan-aplikasi/
Fraenkel, J. ., & Wallen, N. E. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.
Muhith, A. (2012). Sejarah Perbankan Syariah. Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, 01, 69–84.
Mutawalli, M. H. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah Di Makassar (Vol. 11, Issue 1) [UIN Alauddin Makassar]. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113–132. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4043–4068.
Siti, S. (2017). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK BCA SYARIAH CABANG JATINEGARA. UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi; dilengkapi dengan Metode R&D. Alfabet.
Sujarweni, W. (2015). SPSS Untuk Penelitian.
Yuptri, E., & Sari, R. L. (2012). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI DI MEDAN. Ekonomi Dan Keuangan, 1(1), 46–60.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, dengan nomor terdaftar ISSN 2549-4872 (print), ISSN 2654-4970 (Online) dan Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, dengan nomor terdaftar ISSN 2549-4872 (print), ISSN 2654-4970 (Online) memegang hak publikasi pertama semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnal.hes@gmail.com
License:
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats
Authors are free to:
Share: copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt: remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. which include the following:
Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.