MERANCANG MODEL MATEMATIKA DARI MASALAH PROGRAM LINEAR MELALUI POLA LATIHAN TERBIMBING

Authors

  • Fadli Amin UNM
  • Erni Ekafitria Bahar UNM

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7247

Keywords:

Model Matematika, Program Linear, Pola Latihan Terbimbing

Abstract

Pola latihan terbimbing merupakan pola latihan dimana guru memberi latihan kepada peserta didik berupa soal yang permasalahannya mirip dengan contoh yang diberikan atau soal dengan permasalahan yang berbeda. Dalam pelaksanaan latihan tersebut, guru memberi bimbingan dan arahan cara merancang model matematika dengan mengikuti langkah-langkah pemecahan masalah yaitu: (i) memahami masalah, (ii) merencanakan penyelesaian, (iii) melaksanakan rencana penyelesaian (merancang model matematika), (iv) melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan dalam menghasilkan suatu model matematika.

References

Hadis, A. 2006. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hasanuddin. 2002. Afeksi Kesulitan Belajar Matematika Dikaitkan dengan Hasil Belajar Matematika Kelas II SLTP Negeri 3 Polewali Kabupaten Polewali Mamasa. Makassar: Skripisi FMIPA UNM.

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Ban-dung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunardi, dkk. 2004. Matematika untuk SMA Kelas 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2014-12-01

Issue

Section

Articles

Similar Articles

31-40 of 153

You may also start an advanced similarity search for this article.