PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7219Keywords:
Memecahkan Masalah, Pembelajaran Berbasis Malasah, MatematikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIcSMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar pada semester ganjil 2011/2012, dengan jumlah siswa 13 orang. Siklus I dan siklus II masing-masing dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung, angket respon untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan, dan tes untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah siswa setelah pemberian tindakan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Terjadi peningkatan untuk semua indikator yang diamati yaitu keaktifan, respon siswa, dan kemampuan memecahkan masalah siswa, (b) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,54 dari skor ideal yaitu 100, nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 30 dengan standar deviasi 13,751 dengan kategori tuntas 69,23 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,53 dari skor ideal 100,nilai tertinggi 80 dan terendah 55 dengan standar deviasi 8,549 dengan kategori tuntas 92,31%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar dapat meningkat.References
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matemtika. Malang : Ikip Malang.
Ilmiawati, 2010. “Meningkatakan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Langsung Dengan tugas bentuk Superitem”.. Skripsi. Unismuh Makassar
Mamur, Jamal. 2011. “Penelitian Tindakan Kelas “. Jogjakarta: Laksana
Sagala, Syaiful. 2011.. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian tindakan kelas. Jakarta. Kencana
Sanjaya,Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Tiro, Muhammad Arif. 2007. Statistika Terapan. Makassar : Andira .
Upu, Hamsah.2003. Problem possing dan problem solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadan
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.