MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7220Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SMP Negeri 27 Makassar kota Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan Metode Resitasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIID SMP Negeri 27 Makassar dengan jumlah siswa 35 orang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan angket respon siswa. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: 1) Pada Siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 65,11 berada dalam kategori sedang dengan standar deviasi 15,76 pada skor ideal 100. 2) Pada Siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 81,29 berada dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 13,67 pada skor ideal 100. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II. 3) Keaktifan siswa selama proses belajar mengajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II serta respon positif siswa terhadap penerapan Metode Resitasi. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas VIID SMP Negeri 27 Makassar setelah diterapkan Metode Resitasi.
References
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Tenik, Prosedur. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Ayudiah, Fitri. 2007. Kesiapan Guru SMA Negeri di Kabupaten Brebes Utara da-lam Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun Ajaran 2007/2008. Diakses dari: http://www.digilib,unnes.ac.id/gsdi/colled/skripsi/index/assoc/HASHOIb8/9390bb4,dir/doc.Pdf. Tanggal 8 September 2011.
Djamarah, S.B., Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamra. 2008. Penerapan Metode Resitasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ma-tematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat Siswa Kelas VII MTs Nuhiyah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Makassar. UIN Alaud-din.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajawali Pers.
Ratumanan. 2002. Belajar dan pembelajaran. Surabaya : UNESA University Press
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jica.
Tiro, Muhammad Arif 2006. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Badan penerbit UNM Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.