Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1601Abstract
Abstrak
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan pendidikan agama Islam telah dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 6 Kota Makassar dalam pembentukan karakter peserta didiknya. Pengembangan ini dilakukan melalui: Pertama, pengembangan pendidikan agama Islam dipengaruhi oleh faktor konstruksi pendidikan agama Islam, dan implementasinya. Kedua, konfigurasi karakter peserta didik melalui formula sosiologis, psikologis, dan keterpaduan sistem. Ketiga, kontribusi pengembangan pendidikan agama Islam terhadap peningkatan respon masyarakat, peningkatan prestasi peserta didik, dan peningkatan mutu layanan pendidikan.
Kata Kunci: Pengembangan, Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter, Peserta Didik
Abstract
The results showed that the development of Islamic religious education has been carried out bay SMA Muhammadiyah 6 Makassar in shaping the character of their students. The development was done through: First, the development of Islamic religious education was influenced by the construction of Islamic religious education, and implementation. Second, the comfiguration of the character of students through the formula of sociological, psychological, and integration of the system. Third, the development of Islamic religious education contributed to the improvement of public response, an increase in learners’ achievements, and improving the quality of education services.
Keywords: Development, Islamic Education, Character Formatian, Students
References
DAFTAR PUSTAKA
Maimun, Agus. Profil Pendidikan Agama Islam (PAI) Model Sekolah Umum Tingkat Dasar. Jakarta: Depag RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan Pendidikan Umum Proyek Pemberdayaan Kelembagaan dan Ketatalaksanaan Pada Madrasah dan PAI pada Sekolah Umum Tingkat Dasar, 2003.
Al-Munawar, Sa’id Agil Husein. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’an Dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2003.
Gearon, Liam. Citizenship Making Links WithReligius Education,Learning to Teach Citizenship in The Secondary School. Canada: Routledge, 2010.
Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2011.
Broadbent, L. Issues in Religious Education. London: Routledge Falmer, 2002.
Munir Mursi, Muhammad. Al-Islamiyah Usuluha wa Tatawwuruha fi al-Arabiyah. Kairo: Dar al-Ma’arif, 1987.
Dewantara, Ki Hajar. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman siswa, 1962.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com