PENDIDIKAN INFORMAL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v5i01.3347Keywords:
Kata Kunci, Pendidikan Informal, Pendidikan IslamAbstract
Abstrak
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan Pendidikan Informal dalam Prespektif Pendidikan Islam. Sedangkan sumbernya diambil dari beberapa buku ilmiah yang diterbitkan dengan maksud dijadikan suber referensi. Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan, wawancara dan observasi.
Esensi pendidikan informal ini secara umum mencakup pembinaan keluarga dan dimasyarakat, khususnya pendidikan anak-anak atau peserta didik. Hal ini menemukan vitalitasnya karena motivasi yang sangat kuat bahwa tujuan akhir pembinaan keluarga dan dimasyarakat adalah penyelamatan keluarga dari keterpurukan dalam kehidupan di akhirat dan pembentukan kepribadian, keluarga masyarakat muslim yang sempurna. Dilema yang muncul pada pendidikan sehubungan dengan peran keluarga adalah kebijakan dalam arahan pendidikan yang digariskan dan ditetapkan oleh orang tuapeserta didik sering tidak dapat dipahami dan diikuti oleh anggota keluarga lainnya maupun masyarakat. Akibatnya, kebijakan dan arahan pendidikan itu seperti dimentahkan dan digagalkan oleh anggota keluarga lainnya dan anggota masyarakat, sehingga apa yang diharapkan dari pendidikan informal yang ideal agak sulit dicapai. Jalan keluar dari dilema ini adalah upaya yang terus menerus dari orang tua dan juga anggota keluarga lainnya serta anggota masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan informal untuk memberikan informasi dan penyadaran akan pentingnya nilai pendidikan informal bagi anak-anak atau peserta didik. Yang terpenting juga adalah peran pemerintah dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat luas akan pentingnya nilai pendidikan informal.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, M, ImplementasiIlmu Pendidikan Islam dalam Pendidikan Informal , Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Arifin, M, Teori dan Implementasi dalam KajianFilsafat Pendidikan Islam, Jakarta; Bumi Aksara, 2014
Al-Nahwi, Abdurrahman, Ushuul Al-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Asaaliibuhaa, Damsyik: Dar Al-Fikr 1999
Al-Bukhari,Memandang Anak-anak Kaum Muslimin sebagai Anak-anak kandug sendiri, Mesir: Al-Matba’ah Al-Utsmaniah, 1998
Dedi Hamid, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Asokadikta-Durat Bahagia, 2011
Herman H. Horne, On Idealistic Philosophy of Education, The Forty First, Year Book of the National Society for the Study of Education, Part I, Philosiphies of Education, Chicago: The University of Chicago Press, 1998
Noer Ali, Heri, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan di Masyarakat, Bandung: CV Diponegoro, 2012
Suryabrata, Sumadi, Beberapa Tinjauan Psikologi dalam Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com