PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN AL-QURAN DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1025Abstract
ABSTRAK
Sikap Al Qur’an terhadap Pluralitas agama begitu jelas dan merupakan sunnatullah. Pluralisme agama merupakan kenyataan historis yang tidak dapat disangkal oleh siapapun. Pluralitas agama dalam Islam itu diterima sebagai kenyataan sejarah yang sesungguhnya diwarnai oleh adanya pluralitas kehidupan manusia itu sendiri, baik pluralitas dalam berpikir, berperasaan, bertempat tinggal maupun dalam bertindak. Oleh karena itu konsep pluralisme agama menurut Al-Quran apakah dapat di implementasikan dalam pendidikan Islam. Penelitian ini dikaji dalam bentuk kajian Pustaka (Librari riserch) dengan metode kualitatif dengan pendekatan Tafsir tematik. Di dalam Al-Quran bayak ayat yang membenarkan tentang pluralitas Agama namun Pluralisme Agama tidak dibenarkan karena pemahaman Pluralisme Agama menurut orang Orientalis adalah semua agama itu sama, namun konsep Al-Qur’an Pluralitas adalah membenarkan adanya agama yang lain tetapi konsep kebenaran menurut Al-Qur’an Agama yang paling benar adalah Islam. Namun implementasi pendidikan Islam menurut Al-Qur’an, islam mengajarkan konsep Ukhuwah Islamiyah, dimana didalamnnya ada Ukhuwah Al- U’budiyah dan Ukhuwah Al-Insaniyah yaitu persaudaraan sesama Makhluk dan persaudaraan sesama manusia.
Kata Kunci: Pluralisme, Al-quran dan Implementasi Pendidikan Islam
ABSTRACT
The attitude of the Qur'an to the Plurality of religion is so clear and is the sunnatullah. Religious pluralism is a historical reality that no one can deny. The plurality of religions in Islam is accepted as a historical reality which is actually colored by the plurality of human life itself, whether plurality in thinking, feeling, living or acting. Therefore, the concept of religious pluralism according to the Quran can be implemented in Islamic education. This research is studied in the form of literature review (Librarian research) with qualitative method with thematic Tafsir approach. In the Qur'aan there is a verse that justifies the plurality of Religion but Religious Pluralism is not justified because the understanding of Religious Pluralism according to the Orientalists is all the same religion, but the concept of Al-Qur'an Plurality is to justify the existence of another religion but the concept of truth according to Al- Qur'an The most true religion is Islam. But the implementation of Islamic education according to Al-Qur'an, Islam teaches the concept of Ukhuwah Islamiyah, where therein Ukhuwah Al-U'budiyah and Ukhuwah Al-Insaniyah are the brotherhood of fellow Beings and brotherhood of fellow human beings.
Keywords: Pluralism, Al-Quran and Implementation of Islamic Education
References
DAFTAR PUSTAKA
Al Maliky, Syaikh Ahmad Al Shawy, Hasyiah Al 'Allamah Al Shawy 'Ala Tafsir AI Jalalain,: Dar Ihya’ Al Kutub Al Arabiyah, tt. Surabaya.
Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdlor, Al ‘Ashriy. 1996 Kamus Kontemporer Arab Indonesia,. Yayasan Ali Maksum,. Yogyakarta.
Hamka,2003.Tafsir Al Azhar. Cet. 2003. Pustaka Panjimas:Jakarta
Husain, Muchtar. 2002. Pandangan Islam terhadap Permasalahan Sosoal. Cet. I. UII PRESS : Yogyakarta
,Muhammadiyah, 2011.Himpunan Putusan Tarjih,Cet. 3. Suara Muhammadiyah:Yogyakarta
Mu’ti, Abdul. Ul haq, Fajar Riza. 2009. KRISTEN DAN MUHAMMADIYAH: onvergensi Muslim dan Kristen dalam Pendidikan. Cet. I. Al Wasat Pulishing Hause : Jakarta
Muhammadiyah Sulsel, PW.2012.Materi Dakwah Ramadhan.Cet I:P3i Pers:Makassar.
Musdaqi, Irwan. 2011. Berislam Secara Toleran. Cet. I. PT. Mizan Pustaka:Bandung.
Muhammad, Husain. 2011. Mengaji Pluralisme. Cet. I. Al. Mizan: Bandung
Manaf, Mujahid Abdul. 1994. Ilmu Perbandingan agama. Cet. I. PT raja Brafindo Persada: Jakarta
Muhammad,jalaluddin. Tafsir Al Imamu Jalalain Toha Putra: Semarang
Mustofa maroghi,ahmad: 2006. Tafsir Almaroghi.Cet. 2. Dar Al kotob Al Ilmiyah: libanon
Nizar, Syamsul. 2008. SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rosulullah Sampai Indonesia. Cet. II. Fajar Interpratan Offset. : Jakarta
Prasetyo, Stanley. 2001. Pluralisme Dan dialog Keadilan.Cet. I. Institud DIAN/ Interfidel:Ryo
Rahman, Budhy Munawar. 2010. Sekularisme, Liberalisme, Dan Pluralisme. PT Erasindo:Jakarta
Rahman, jalaluddin. 2003. Psikologi Agama Sebuah Pengantar. Cet. I. PT. Mizan Pustaka: Bandung
Shihab, M. Quraish. 2007. MEMBUMIKAN AL-QUR’AN: Mukjizat Al-Qur’an. Cet. I. PT Mizan Pustaka: Bandung
,______,1995. Membumikan Al Qur’an,: cet. XII. Mizan; Bandung
______, 1996. Wawasan Al Qur'an, : Cet. III,. Mizan,: Bandung
______,2011, Tafsir Al-Misbah.Cet. IV.penerbit Lentera hati:Jakarta
Zahairini, DKK. 2010. Sejarah Pendidikan Islam. Cet. 10. PT Bumi Aksara : Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com