Analisis Materi Mata Pelajaran Baca Tulis Alquran Pada Lembar Kerja Siswa Terbitan Hasan Pratama dan Bahan Ajar Terbitan Aqila Tiga Serangkai Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.4695Keywords:
BTA, LKS, AnalisisAbstract
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada empat sub pelajaran yang tidak sesuai dengan KI dan KD, dikatakan tidak sesuai karena dalam silabus sudah sangat berbeda dengan Lembar Kerja Siswa, LKS Baca Tulis Alquran terbitan Hasan Pratama masih kurang sesuai dengan kompetensi yang ada, materi pendukung pada LKS Baca Tulis Alquran terbitan Hasan Pratama materi pendukung yang disediakan kurang, materi pendukung ini secara keseluruhan kurang sesuai dengan kompetensi inti yang ada, teknik penyajian yang dilihat dari keruntutan sistematika Buku Paket Baca Tulis Alquran Aqila Tiga belum sesuai dengan kompetensi inti, penyajian pembelajaran pada Buku Paket Baca Tulis Alquran Aqila Tiga Serangkai berpusat pada siswa dan mengembangkan keterampilan proses, dan kelengkapan isi materi Buku Paket Baca Tulis Alquran Aqila Tiga Serangkai dengan kompetensi inti masih kurang karena ada kompetensi inti yang tidak tercakup dalam materi pada buku tersebut.References
A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2015.
L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
F. Pupuh, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam, Bandung: PT Refika Aditama, 2009.
A. Munir and Sudarsono, Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
Suyono and Hariyanto, Implementasi Belajar & Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Suyatman, Pengembangan Bahan Ajar, Surakarta: FATABA Press IAIN, 2013.
A. Syarifuddin, Mendidik Anak, Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, Jakarta: PT Gema Insani, 2004.
I. Lestari, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Padang: Akademia Permata, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com