Implementasi Pendidikan Islam Dalam Optimalisasi Kecerdasan Emosional: Perspektif Psikologi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v8i01.8701Keywords:
kecerdasan emosional, Pendidikan Islam, optimalisasiAbstract
Studi ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada studi kepustakaan dengan menelaah teks-teks Al-Qur'an, hadits, kitab-kitab, buku dan jurnal yang berkaitan permasalahan dalam penelitian ini.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Penelitian ini menemukan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang besar terhadap pendidikan agama Islam. Pendidikan Islam dalam proses pembentukan kecerdasan emosional dan moral anak bersumber pada Al-Qur'an dan hadits. Pendidikan Islam berupaya agar manusia mampu menanamkan nilai-nilai agama dan moral. Kecerdasan emosional penting dalam pengendalian diri serta bagaimana sikap dan perilaku dalam menghadapi lingkungan selaras dengan tujuan pendidikan Islam. Implementasi pendidikan Islam dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional adalah membangun akhlak Islami yaitu dengan melatih diri sendiri untuk berbuat ikhlas, bertawakal, sabar dan melakukan segala sesuatu sesuai dengan kadar dan kemampuan.
References
AB, A. (2021). Membangun Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Tazkirah, 5(1), 246–271.
Abuddin Nata. (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia (Edisi 4 Ce). Kencana.
Abuddin Nata. (2018). Psikologi Pendidikan Islam (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Afifuddin Harisah. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan (Cetakan 1). Deepublish Publisher.
Arieska, O., Syafitri, F., & Zubaedi. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosional (Emosional Quotient) Daniel Goleman pada Anak Usia Dini dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al-Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 103–116.
Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat (Nurussakinah Daulay (ed.); Cetakan 1). Kharisma Putra Utama.
Ghufron, M. N. (2016). Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 4(1), 138–153.
Goleman, D. (2003). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi (Cetakan Ke). PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional (Cetakan Ke). PT Gramedia Pustaka Utama.
HM, E. M. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Jurnal Tadrib, II(2), 1–16.
Kistoro, H. C. A. (2014). Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XI(1), 1–18.
Mardjun, A. N. (2007). Urgensi Pendidikan Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Hunafa, 4(4), 333–338.
Masruroh, A. (2014). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 67–68.
Masyitoh, D. (2020). Urgensi Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial, Emosional Anak. Journal of Elementary School (JOES), 3(1), 47–60. https://doi.org/10.31539/joes.v3i1.571
Murni, D. (2016). Kecerdasan Emosional Menurut Perspektif Al-Quran. Jurnal Syahadah, 5(1), 95–117. http://www.ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/71/67
Nisa, A. W. C., & Susandi, A. (2021). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(02), 154–170. https://doi.org/10.37542/iq.v4i02.236
Riyadi, I. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional dalam Kurikullum Pendidikan Agama Islam di SMA: Perspektif Daniel Goleman. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 141–163.
Sulaiman, H., Ismail, Z., & Yusof, R. (2013). Kecerdasan Emosi Menurut Al-Quran dan Al-Sunnah : Aplikasinya Dalam Membentuk Akhlak Remaja. O-JIE The Online Journal of Islamic Education, 1(2), 51–57.
Sulaiman, M., Hamdani, M. D. Al, & Azis, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 78–109.
Toto Suharto. (2013). Filsafat Pendidikan Islam (Aziz Safa (ed.)). Ar-Ruzz Media.
Wahyuni, N., & Bahtiar, A. R. (2017). Hubungan Emotional Quotient Dengan Kemampuan Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Keagamaan. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 77–84. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.360
Zakiyah. (2019). Pendidikan Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam (Arifin Suryo Nugroho (ed.); Cetakan ke). UM Purwokerto Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com