ASESMEN KEBUTUHAN BELAJAR ANAK JALANAN DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v2i02.1031Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kebutuhan belajar anak jalanan di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, Fokus penelitian ini adalah identifikasi kebutuhan belajar anak jalanan di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah 30 orang anak jalanan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan teknik dokumentasi. Pengolahan dan analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan belajar yang dirasakan oleh anak jalanan di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar cukup bervariasi, setidaknnya terdapat 20 jenis kebutuhan belajar, yaitu kebutuhan belajar membaca, menulis, dan berhitung, membaca Al-Qur’an, menjahit pakaian wanita, menjahit pakaian laki-laki, servis sepeda motor, servis handphone, merangkai kembang dari plastik, membuat kue-kue, servis komputer, Las/teknisi melas, bernyanyi, bahasa Inggris, berjualan, mengemudi/sopir, duko mobil/motor, servis mobil, seni lukis/menggambar, servis AC, servis kulkas, dan servis radio dan televise. Dari 20 kebutuhan belajar yang dirasakan oleh anak jalanan terdapat 5 kebutuhan belajar yang mendapat skala perioritas pertama yaitu kebutuhan belajar membaca, menulis dan berhitung, membaca Al-Qur’an, servis sepeda motor, servis handphone, dan servis komputer.
Kata Kunci: Kebutuhan belajar, Anak Jalanan
ABSTRACT
This study aims to reveal learning needs of street children in Tamalanrea, Makassar. The type of research is descriptive qualitative, the focus of research is the identification of learning needs of street children in Tamalanrea, Makassar. The subject of research is 30 street children. Technique Data collection are interview and documentation technique. Processing and data analysis use qualitative and quantitative descriptive analysis. The results show that the learning needs perceived by street children in Tamalanrea, Makassar are varied, at least there are 20 types of learning needs, namely reading, writing and counting, Holy Qur’an, sewing women's clothes, sewing men's clothes, motorcycle service, mobile phone service, stringing flower of plastics, cookies cakes, computer service, welding technician, singing, English language, selling, driving, spray paint (car or motorcycle), car service, painting/drawing, Air Conditioner Service, refrigerator service, radio and television service. From 20 learning needs perceived by street children, there are 5 learning needs that get first priorities scale are reading, writing, counting, holy Qur’an, motorcycle service, mobile phone service, computer service of Learning Needs.
Keywords: Learning Needs, Street Children
References
DAFTAR PUSTAKA
Balai Besar Pendidikan dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta. 2016. Sekolah Alternatif Bagi Anak Jalanan, (Online), http://kampoengpelajar21.blogspot.co.id, (Diakses 23 Februari 2015)
Departemen Sosial RI. 2004. Pedoman Penanganan Anak Melalui Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA), Direktorat Jenderal Pelayanan Dan Rehabilitas Sosial Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak, (online 07 Februari 2015)
Nuraini. 2009. Pola Aktivitas, Konsumsi Pangan, Status Gizi Dan Kesehatan Anak Jalanan Di Kota Bandung. Skripsi. Bogor. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Teknologi Bandung
Peraturan Daerah Kota Makassar No. 2 Tahun 2008 Tentang Pembinaan
Anak Jalanan, Gelandangan,
Pengemis Dan Pengamen. Makassar: Pemerintah Daerah Kota Makassar
Riptek. 2008. Studi Karakteristik Anak Jalanan Dalam Upaya Penyusunan Program Penanggulangannya. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, vol. 2
Sahabuddin. 2007. Kompetensi Pendidikan Luar Sekolah. Makassar: UNM.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. S. Djuju, 2000. Strategi Pembelajara, Jakarta: Falah Production.
Suyanto, Bagong. 2013. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Pernada Media Group
UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. 2013. Komisi Perlindungan Anak Indonesia, (Online), http://www.kpai.go.id, (Diakses 15 Februari 2015)
Uno. B. Hamzah, 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com