TEORI PEMECAHAN MASALAH POLYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Muhammad Saedi Universitas Negeri Makassar
  • Stien Mokat Universitas Negeri Makassar
  • Herianto Herianto Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7201

Kata Kunci:

Pemecahan Masalah, Polya, Matematika

Abstrak

Satu masalah biasanya memuat suatu situasi yang mendorong seseorang untuk menyelesaikannya akan tetapi tidak bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Jika seorang guru memberikan suatu masalah kepada siswa dan siswa tersebut langsung menyelesaikannya dengan baik dan benar maka soal tersebut bukan masalah. Untuk menyelesaikan satu masalah menurut Polya adalah memahami merencanakan, menyelsaikan dan memeriksa kembali masalah.

Referensi

Hamzah, 2003. Problem Posing Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ma-tematika, Pustaka Ramadan , Bandung.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. JICA. Jakarta: IMSTEP.

NCTM. 1986. Principle and Standard for School Mathematics. Reston: The Na-tional Council of Teacher Mathematics, Inc.

Polya, George, ((1985), How To Solve It 2nd ed Princeton University Press , New Jersey

Diterbitkan

2011-01-09

Terbitan

Bagian

Articles