ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14614Kata Kunci:
Kemampuan Komunikasi Matematik, Self Efficacy, SPLDVAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematik siswa ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian dialakukan dengan memberikan angket self efficacy kepada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Siborong-borong, selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan komunikasi matematik materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ini diberikan kepada 6 subjek serta tes wawancaraKomunikasi matematik sangat penting dalam menyelesaikan masalah dalam matematika. Namun, pencapaian komunikasi matematik pada siswa masih tergolong rendah. Hal ini berkaitan dengan self efficacy pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian kemampuan komunikasi matematik siswa ditinjau dari self efficacy yaitu subjek menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil analisis hasil tes secara lisan dan tulisan dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematis , ada subjek dengan self efficacy tinggi yaitu SET1 dapat memenuhi 4 indikator dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematis, sedangkan subjek SET2 hanya mampu memenuhi 2 indikator, selanjutnya subjek sedang yaitu Subjek SES1 mampu memenuhi 3 indikator dan subjek SES2 hanya mampu memenuhi 2 indikator, serta subjek dengan self efficacy rendah yaitu SER1 dan SER2 tidak mampu memenuhi indikator apapun dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat self efficacy tidak selamanya berbanding lurus dengan kemampuan komunikasi matematika, tetapi self efficacy yang tinggi terhadap matematika akan mempengaruhi meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa karena dapat membuat siswa memiliki sikap positif terhadap matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematika.
Referensi
A, B. (1997). “Sellf Elfficacy in Changing Socieltiels.” (Nelw York:Cambelrg Ulnivelrsity Prelss, 1997), hal. 73.
Anggia, L. (2015). Analisis Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Belrdasarkan Telori Brulnelr pada Pelmbellajaran Matelmatika Siswa Aultis di Selkolah Ulnggull Sakti. Selminar Nasional Matelmatika Dan Pelndidikan Matelmatika UlNY, hlm. 6.
Belrliana, D. P., & Sholihah, Ul. (2022). Kelmampulan komulnikasi matelmatis Siswa dalam melnyellelsaikan masalah Opeln-Elndeld ditinjaul dari sellf-elfficacy. Plulsminuls: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 2(2), 243–254. https://doi.org/10.31980/plulsminuls.v2i2.1791
Chalim, M. N., Mariani, S., & Wijayanti, K. (2019). Kelmampulan komulnikasi matelmatis siswa SMK ditinjaul dari sellf elfficacy pada seltting pelmbellajaran Projelct Baseld Lelarning telrintelgrasi STElM. In PRISMA, Prosiding Selminar Nasional Matelmatika (Vol. 2, pp. 540-550).
Delwi, M. W. K., & Nulraelni, R. (2022). Kelmampulan komulnikasi matelmatis siswa SMP ditinjaul dari sellf- elfficacy pada matelri Pelrbandingan di delsa Karangpawitan. Plulsminuls: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 2(1), 151–164. https://doi.org/10.31980/plulsminuls.v2i1.1586
Dikri Maullana Rapsanjani, T. S. (2021). Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Ditinjaul dari Sellf Elfficacy Siswa. Pluls Minuls Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 10.
Delwi, Martha Wida Kulsulma, Nulraelni, R. (2021). Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa SMP ditinjaul dari Sellf-Elfficacy pada Matelri Pelrbandingan di Delsa Karangpawitan. Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 14
FALAH, S. A. N. (2017). Pelningkatan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Dan Sellf-Elfficacy Siswa Sma Mellaluli Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning (Pbl) Delngan Pelndelkatan Konstrulktivismel. Institultion Relpositoris and Scielntific Joulrnal. http://relpository.ulnpas.ac.id/30204/
Helndriana, H. (2019). Sellf-Elfficacy dan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa SMP. JNPM (Julrnal Nasional Pelndidikan Matelmatika). doi:10.33603/jnpm.v3i1.2033
Helnny Nulrdiana, Elmi Puljiastulti, S. S. (2018). Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Ditinjaul dari Sellf-Elfficacy Melnggulnakan Modell Discovelry Lelarning Telrintelgrasi Pelmbelrian Motivasi. PRISMA, Prosiding Selminar Nasional Matelmatika. https://joulrnal.ulnnels.ac.id/sjul/indelx.php/prisma/articlel/vielw/19594
Helris Helndriana, Ultari Sulmarmo, El. El. R. (2013). Kelmampulan Komulnikasi Matelmatik Selrtakelmampulan Dan Disposisi Belrpikir Kritis Matelmatik. Dellta-Pi: Julrnal Matelmatika Dan Pelndidikan Matelmatika, vol 2. doi: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v2i1.97
Helryan, Ul. (2018). Melningkatkan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa Sma Mellaluli Pelndelkatan Pelmbellajaran Matelmatika Relalistik Belrbasis Eltnomatelmatika. Julrnal Pelndidikan Matelmatika Raflelsia, Vol. 3, No. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.6290
Rahmawati, F. (2013). Pelngarulh Pelndelkatan Pelndidikan Relalistik Matelmatika dalam Melningkatkan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa Selkolah Dasar. Julrnal Fmipa Ulnila, Vol 1, No. https://julrnal.fmipa.ulnila.ac.id/selmirata/articlel/vielw/882
Rapsanjani, D. M., & Sritrelsna, T. (2021). Kelmampulan komulnikasi matelmatis ditinjaul dari sellf-elfficacy siswa. Plulsminuls: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 1(3), 481–492. https://doi.org/10.31980/plulsminuls.v1i3.1453
Sadirman. (2007). Pelndelkatan Pelmbellajaran Matelmatika delngan Komulnikasi Matelmatika. Bandulng : CV meldia Ultama.
Sulgandi, A. I., & Akbar, P. (2020). Elfelktivitas modell Stuldelnt Facilitator and Elxplaining telrhadap kelmampulan komulnikasi matelmatis siswa SMP ditinnjaul dari sellf-elfficacy. Julrnal Celndelkia : Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 4(2), 737–745. https://doi.org/10.31004/celndelkia.v4i2.295
Wiharso, T. A., & Sulsilawati, H. (2020). Melningkatkan kelmampulan konelksi matelmatik dan sellf elfficacy mahasiswa mellaluli modell COREl. Mosharafa: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 9(3), 429–438. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.573
Yulniarti, Y. (2016). “Pelngelmbangan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis dalam Pelmbellajaran Matelmatika di Selkolah Dasar,.” Julrnal Pelndidikan Dasar Kampuls Cibirul 6, No. 2 (28 Delselmbelr 2016), hal. 111. https://doi.org/10.17509/elh.v6i2.4575
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.