ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PELUANG BERDASARKAN TAHAPAN POLYA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11417Keywords:
kesalahan siswa, peluang, tahapan polyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang berdasarkan tahapan polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik pengukuran dan teknik komunikasi langsung. Adapun teknik pengukuran dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal cerita dan untuk teknik komunikasi langsung melalui wawancara yang dilakukan setelah siswa mengerjakan soal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa meliputi: kesalahan dalam membuat rencana, kesalahan dalam melaksanakan rencana dan kesalahan memeriksa kembali. Tahapan polya terdiri dari empat indikator yaitu: memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.
References
Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448
As’ari, A. R., Mohammmad, T., Valentino, E., Taufik, I., & Zainul, I. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester II. 186.
Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72. https://doi.org/10.31219/osf.io/7fpjz
Febriani, D. E., & Mukhni. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 24–29.
Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–27. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6586
Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas vii SMP negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Tesis Program Sarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, h. 14. repository.unib.ac.id › I,II,III,2-13-her.FI.pdf
Johansyah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Langkah-Langkah Polya.
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 577–578.
Minarti, & Kusrini. (2012). Analisis Tingkat Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Bentuk Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 1, 1–8.
Putri. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 77–88.
Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran di SD. Modul Matematika SD Program Bermutu, 85.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Supriyanto. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Tentang Perbandingan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 74–91. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.