ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs. MUJAHIDIN PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4336Keywords:
analisis, pemecahan masalah, matematisAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi bangun ruang balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Mujahidin Palembang yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif. Simpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan rincian indikator Memahami masalah dengan presentase 99% dalam kategori “sangat baik”; Merencanakan penyelesaian dengan presentase 91% dalam kategori “sangat baik”; Melaksanakan rencana dengan presentase 58% dalam kategori “cukup”; Menafsirkan hasil yang diperoleh dengan presentase 16% dalam kategori “sangat rendah”.References
Amilda, M. A. (2009). Kesulitan Belajar. Palembang: Rafah Press.
Branca, N.A. (1980). “Problem Solving as A Goal, Process and Basic Skill”, dalam Problem Solving in School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics. inc.
Wardhani, S. (2010). Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Yogyakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Oktaviana, D. V., Syafrimen, S., & Putra, R. W. Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Ix Mts Dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa Pada Konten Perubahan Dan Hubungan. Jes-Mat (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 47. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.909
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.