PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14555Keywords:
pemecahan masalah, soal cerita, SPLTVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas X.1 SMAN 2 Semarang dan diambil 2 siswa dari kemampuan pemecahan masalah matematika kategori rendah, 2 siswa dari kemampuan pemecahan masalah matematika kategori sedang, dan 2 siswa dari kemampuan pemecahan masalah matematika kategori tinggi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu yang digunakan adalah tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dianalisis berdasarkan indikator tahapan Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali proses dan hasil dengan teknik analisis data yang dilaksanakan 3 tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang tergolong dalam kriteria kurang. Kemudian tingkat kemampuan pemecahan masalah kategori sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tergolong dalam kriteria baik. Dan siswa dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi juga memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tergolong dalam kriteria baik.References
Arofah, M. N., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Lingkaran di Kelurahan Muarasanding. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(September), 421–434.
Chilmiyah, S. M. (2014). Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika (The Thinking Ability Of Students In Solving Mathematics Story Problems). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 237–248.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Difinubun, F. A., Makmuri, & Hidajat, F. A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas X. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 853–864. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.38
Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149–160. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2227
Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255–264. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1825
Lestari, A. Bu., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kampung Cibogo Pada Materi SPLDV. SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(2), 92–102.
Lestari, A. R. A., Minggi, I., & Qadry, I. K. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 11(2), 122–129.
Mulyaningsih, D., Utami, R. E., & Muhtarom. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 03(06), 457–464.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In National Council of Teacher of Mathematics.
Nirmalitasari, O. S. (2012). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start Pada Materi Bangun Datar. MATHEdunesa, 1(1), 1–8.
Nisa, S. B., & Manoy, J. T. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 59–66.
Özsoy, G., Kuruyer, H. G., & Çakiroğlu, A. (2015). Evaluation of students’ mathematical problem solving skills in relation to their reading levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 581–600.
Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). Princeton, New Jersey: Princeton University Press.
Saparwadi, L., & Cahyowatin, C. (2018). Proses Pemecahan Masalah Matematka Siswa Berkemampuan Tinggi Berdasarkan Langkah Polya. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2111
Susilo, C. Y., Utami, R. E., Rasiman, & Suprihatin. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Smk Kelas X Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar. ELIPS: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(2), 192–201. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/854%0Ahttp://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/download/854/543
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.