PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v6i1.7238Keywords:
Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, GenderAbstract
Profil berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika adalah gambaran yang diungkapkan dengan deskripsi kata-kata berdasarkan kriteria FRISCO dalam memecahkan masalah matematika.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah matematika.Subjek penelitian yang dipilih adalah dua siswa kelas VIII SMP Baitussalam Surabaya yaitu satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Dalam penelitian kualitatif ini, pengumpulan data menggunakandua tugas pemecahan masalah dan wawancara. Data yang diperoleh diuji validitasnya melalui triangulasi waktu. Selanjutnya, data tersebut dianalisis berdasarkan kriteria berpikir kritis FRISCO.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan teori profil berpikir kritisdapat disimpulkan bahwakedua subjek menentukan pokok permasalahan, memutuskan strategi yang akan digunakan dalam memecahkan masalah, serta memberikan alasan logis dalam proses penarikan kesimpulan, mengetahui situasi pada soal sehingga menggunakan informasi-informasi yang sesuai dengan permasalahan, menjelaskan istilah-istilah pada masalah dengan baik, serta mengecek kembali jawaban yang ditemukan. Namun dalam mengecek kembali subjek laki-laki hanya mengecek hasil akhir saja sedangkan subjek perempuan mengecek jawaban pada setiap langkah yang ditemukan sampai dengan hasil akhir.References
Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Benbow, C.P.& Stanley, I.C. (1980). “Sex Differences in Mathematical Ability: Fact or Artifact?”.Science. 210, 1262-1264.
Costa, A.L. (1985). “Developing minds: A resource book for teaching thinking”. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curiculum Devel-opment.
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. United State of America: Prentice- Hall.
Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta. Erlangga.
Gallagher, A. M. (2000). Gender Differences in Advaced Mathematical Problem Solving. Journal of Experimental Child Psychology 75, 165-190.
Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matemat-ika. Universitas Negeri Malang.
Irwing, P., & Lynn, R. (2005). Sex Differences in Means an Variability on The Progressive Matrices In University Students: A Meta-Analysis. BritishJour-nal of Psychology, 96(4), 502-524.
Johnson, Elaine. (2006). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Media Utama.
Knodt, J. (2009). Cultivating curious minds: teaching for innovation through open-inquiry learning. Journal Teacher Librarian. 37, 15-22.
Krutetetskii, V.A. (1976). The Psychology of Mathematical Abilities in Schoolchil-dren. Chicago and London : The University of Chicago Press.
Miles, B.M. & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta: UI Press.
Nur, M & Wikandari, P.R. (2008). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pen-dekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains danPen-didikan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.
Pajares, F. (1996) Self-efficacy beliefs and mathematical problem solving of gifted students.Contemporary Educational Psychology, 21, 325-344.
Pehkonen, E. (2011). Problem Solving in Mathematics Education in Finland. Fin-land: University of Helsinki.
Polya, G. (1973). How To Solve it. New Jersey : Princeton University Press.
Shapiro (2000). Thinking About Mathematics: The Philosophy of Mathematics. New York: OXFORD University Press.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Ber-pikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini dan Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen DiktiDepartemen Pendidikan Nasional.
Sudarman. (2010). Proses Berpikir Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Disertasi tidakditerbit-kan. Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-11. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.