PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3519Keywords:
Pengaruh, Berpikir Kreatif Matematika, Pendekatan. Metode Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMP Nasional Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nasional Makassar. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Intrument yang digunakan pada penelitian ini berupa tes essay kemampuan berfikir kreatif yang sudah divalidasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMP Nasional Makassar.References
Arends, R.I. (2001). Learning To Teach. New York:Mc Graw Hill Companies, Inc.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman. (2014). Menulis Karya Ilmiah. PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta
Gunawan. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Mind Map Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Pokok Bahasan Turunan Kelas Xi Sma Muhammadiyah Kedawung Cirebon: Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Syekh Nurjati Cirebon
Herdian. (2010). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. (Online). Tersedia: https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/ . (Di akses pada tanggal 13Mei 2018).
Indah Permatasari. (2014). Pengaruh Metode Improve terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta
Jayanti Putri Purwaningrum. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, Universitas Maria Kudus.
Miftahul Huda. (2017). Model – Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Mulyanah. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Artikel, Universitas Lampung
Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Nadya. (2007). Pengaruh Mind Mapping Training terhadap Berfikir Kreatif Siswa SMU Muhammadiyah 4 Jakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Nurul Rafiqah Nsution. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal. Mahasiswa PPS Jurusan Pendidikan Matematika, Unimed
Rahma Faelasofi. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal. Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pringsewu.
Rijal Darusman. (2015). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Jurnal Ilmiah, Program Studi Matematika Stkip Siliwangi, Bandung.
Rukaesih dan Ucu Cahyana (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pt. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Sugiyono, (2016).Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung
Sugiyono, (2017).Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung
Suparlan Suhartono. (2009). Filsafat Pendidikan. Penerbit: Universitas Negeri Makassar
Suhel Madyono. (2016). Mengenal Pembelajaran Model Mind Mapping. Jurnal, Universitas Negeri Malang
Putra, T.T., Irwan., Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1, pp 22-26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.