HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.5325Keywords:
Korelasi, Efikasi Diri, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara efikasi diri dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 229 siswa dari kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makasar tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket efikasi diri dan angket motivasi belajar. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menggunakan analisis korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwaBerdasarkan hasil perhitungan teknik analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,738. Korelasi kedua variable tersebut berada pada kategori kuat. Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar. Semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi pila motivasi belajar. Sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka semakin rendah pula motivasi belajarsiswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar.References
Bandura. A. 1997. Self-efficaci Toward A Unfying Theory of Behafioral Psychology. Review.
Endah, Widiarti. 2018. Pengaruh Motvasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X. Skripsi (Online), (http://eprints.uny.ac.id, diakses 20 Juni 2020).
Hendriana, Heris dkk. 2018. Hard Skills dan Soft Skills Mateatika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Husna, Raudhatul, dkk. (2018) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. 3(2)
Purwanto. (2011). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Riduwan & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung : Alfabeta.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Saputra, Yudi Dwi. 2017. Hubungan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Bravo’s Jurnal, Vol. 5, No. 1, Tahun 2017, hal. 11.
Sumantri Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah B. 2017. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Umniyyati, Risqa. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri, dan Harga Diri pada Kinerja Perawat RSUD Ungaran. Skrisi (Online), (lib.ennes.ac.id, diakses 6 Juni 2020)
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.