EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC)
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3918Keywords:
efektivitas, model Kooperatif tipe Inside outside circleAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui model Kooperatif Tipe inside outside circle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pallangga Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini mengacu pada tiga kriteria keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal, peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, dan respons positif siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding (kontrol). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.A SMP Negeri 5 Pallangga sebanyak 36 orang sebagai kelas uji coba. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar, teknik observasi aktivitas siswa untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, teknik observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan RPP, dan angket respons siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model Kooperatif tipe inside outside cirle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa melalui model Kooperatif tipe inside outside circle adalah 86,61 dengan standar deviasi 8,9. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 36 siswa (89%) telah mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,78 dan umumnya berada pada kategori tinggi. (3) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa untuk setiap indikator mencapai kriteria efektif, yaitu 83%. (4) Respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap model Kooperatif tipe Inside outside circle positif yaitu 83%. Hasil analisis statistik inferensial pada uji normalitas menunjukkan skor rata - rata pretest nilai Pvalue> α yaitu 0,164 > 0,05 dan skor rata – rata posttest Pvalue > α yaitu 0,200 > 0,05 dengan Zhitung ≥ - Ztabel = 1,8571≥ -1,64. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Inside outside circle (IOC) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 5 Pallangga.References
Damanik, ericson. 2015. Pengertian dan Tinjauan Tentang Respon Siswa Menurut Ahli,(online),(http://pengertian–pengertian info.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-dan-tinjauan-tentang-respon.html, diakses 30 Maret 2018).
Darmawati, dkk(2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi kelas VIII SMPN 2 Pekan Baru. http://jurnal PMIPA FKIP Universitas Pekan Baru (online) diakses pada 26 Mei 2018.
Dian dkk . 2011. Upaya meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Togethert (NHT) pada Poko Bahasan Segitiga Kelas VII C semester 2 Negeri 7 Salatiga Tahun ajaran 2011/2012. Jurnal, 1-10.
Faradila, dkk (2017). Keefektifan model pembelajaran Inside Outside Circle dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan koneksi matematis kelas VIII materi sistem persamaan linear dua variabel. http://jurnal.unimus.ac.id diakses pada 26 Mei 2018
FKIP Unismuh Makassar. 2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press.
Huda,2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indaryanti, dkk(2016). Pengaruh model pembelajaran koperatif tipe inside outside circle (IOC) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang. http://repository.uksw.edu Mahasiswa program studi Matematika FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga diakses pada 26 Mei 2018
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Nirmalasari, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Jurnal Edusains, 4 (2).
Prihati,dkk(2017). Penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kemampuan pemahaman konsep. Http://jurnal.uisu.ac.id Mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP insan Madani (online) diakses pada 26 mei 2018
Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman.2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. RajaGrafindoPersada.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung : IKAPI
Suhendri, huri. 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis – Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1) : 29-39.
Suprijono, A. 2015. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Tahirman, W. 2013. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Larompong Kabupaten Luwu. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : FKIP Unismuh Makassar.
Tiro, M. A. 2008..Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yunitasari, dkk (2014). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa pada materi bilangan buat kelas VII SMPN 1 Bringin. http://jurnal FKIP universitas Kristen Satya Wacana (onine) diakses pada 26 mei 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.