PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BALANIPA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14744Keywords:
Problem Based Learning, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal penting dalam matematika. Namun, faktanya saat ini kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan SPSS for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika berada pada kategori sangat tinggi sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung berada pada kategori sedang. Kemudian hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.References
Abdullah, D. I., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157. https://doi.org/10.29240/ja.v2i2.2235
Fatmawati, Fanny, and Murtafiah Murtafiah. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene. Saintifik 4(1):63–73. doi: 10.31605/saintifik.v4i1.145.
Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik. Maju, 7(1), 89– 97.
Geni, P. R. L., Mastur, Z., & Hidayah, I. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika ditinjau dari gaya kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 11–17.
Herlambang, Y. T. (2018). Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Khairunnisa, Luthfiyah, Adi Satrio Ardiansyah, and Hery Sutarto. (2022). Pengembangan E-Comic Matematika Bermuatan Etnomatematika Kabupaten Klaten Pada Materi Aritmetika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (SandikaIV) 4(1):499–508.
Mullis, I. V., Maartin, M. O., & Foy, P. AA (2015). Timss 2015 International Results in Science Saved. Distribution of Science Achievement. http://timss2015.org/timss-2015/science/student- achievement/distribution-of-science-achievement/
Nisak, K., & Istiana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 91–98. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2540
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Simamora, Yumira, Minta I. T. O. Simamora, and Kiki Andriani. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematik Siswa Smp the Effect of Ethnomatematics-Based Problem Based Learning ( Pbl ) Models To Improve the Mathematical Numeracy Literacy. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS) Vol.” 8(2):532–38.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran treffinger berbantuan permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48–55. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.773
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.