KESANTUNAN BERBAHASA WARGANET DALAM KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM @JOKOWI ‘RUANG CAKAP DIGITAL’
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i1.10770Kata Kunci:
Instagram @Jokowi, Kesantunan Berbahasa, Komentar, Konteks, Skala Kesantunan.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh survei yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC) dengan tema “Indeks Literasi Digital Indonesia”, survei tersebut melaporkan bahwa pilar etika digital (digital Etchics) pada indeks literasi digital tahun 2021 mengalami penurunan dibandingkan indeks literasi digital tahun 2020. Pilar etika digital (digital Etchics) pada indeks literasi digital tahun 2020 berada pada skor 3,72, sementara pada tahun 2021 mendapat skor 3,53. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengelaborasi kesantunan berbahasa warganet dalam kolom komentar Instagram @jokowi postingan “Ruang Cakap Digital” merujuk pada skala kesantunan Leech. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, dokumentasi, Teknik simak bebas libat cakap. Teknik analisis data Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, Bungin sebagai berikut: Identifikasi, Coding, Klasifikasi, Analisis, dan Deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa kesantunan berbahasa warganet dalam kolom komentar Instagram @jokowi diukur dengan skala kesantunan Leech lebih dominan tidak santun. Sementara skala kesantunan yang paling banyak dirujuk yaitu ketidaklangsungan dengan total hasil analisis sebanyak 80. Sedangkan skala kesantunan paling sedkit dirujuk yaitu jarak sosial dengan total hasil analisis sebanyak 13.
Referensi
Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Agustini, Rina. (2017). Bentuk Kesantunan Berbahasa Indonesia (Studi Deskriptif Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Galuh Ciamis). Jurnal Literasi, 1(1), 9–17.
Bungin, Burhan. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer. Depok: Rajawali Press.
Chaer, A. (2013). Kesantunan berbahasa (Cet. 1). Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik: Suatu pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.
Daely, B. (2023). Skala Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika-Fkip Universitas Nias Raya. Jurnal Math Edu (Mathematic Education Journal), 6(1), 209–214.
Emzir. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Depok: Rajawali Press.
Fithri, W. & Yalmiadi. (2018). Impoliteness Of College Student Short Message Service Toward The Lecturer (Ketidaksantunan Dalam Pesan Singkat Mahasiswa Kepada Dosen). Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat,4(2). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2666
Fitri, W., & Fatmawati, F. (2022). Kesantunan Tuturan Dalam Kolom Komentar Akun Twitter Anies Baswedan. Linguistik : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2), 92. https://doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.92-101
Hayari, R., & -, F. (2022). Kesantunan Tuturan Dalam Kolom Komentar Akun Twitter Felixsiauw. Linguistik : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2), 1. https://doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.1-8
Inderasari, E., Achsani, F., & Lestari, B. (2019). Bahasa sarkasme Netizen Dalam Komentar Akun Instragram "Lambe Turah". Semantik, 8(1),37–49. https://doi.org/10.22460/semantik.v8i1.p37-49
Mamik. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.
Nadar, F. X. (2013). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ningsih, Rika, Endry Boeriswati, & Liliana Muliastuti. (2020). Language Politeness Of Students And Teachers: An Ethnographic Study. Getsempena English Education Journal, 7(1), 159–169. https: //doi.org/10.46244/geej.v7i1.1063
Prayogi, Rahmat, Prasetya, Rian Andri, & Riadi, Bambang. (2021). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Komunikasi Generasi Milenial. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 9(1). https://doi.org/10.23960/Kata.v9.i1.202104
Rahardi, Kunjana, Setyaningsih, Yuliana, & Purnama, Rishe. (2016). Pragmatik: Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Yogyakarta: Erlangga.
Rahmawati, Rista Tantia, Hendaryan, Herdiana, & Taufik Hidayat. (2021). Instagram: Pengaruhnya Dalam Kesantunan Berbahasa Mahasiswa. Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 5(1), 100–112.
Santoso, Wahyudi Joko. (2016). Bentuk, Faktor, dan Skala Kesantunan dalam Penyampaian Maksud. Jakarta: CV Media.
Utari, L. T. & Mulyono. (2021). Kesantunan Berbahasa Para Peserta Diskusi Dalam Gelar Wicara Mata Najwa: Kajian Pragmatik. Sapala, 8(2), 154–165.
Wijayanti, I. D. (2020). Kesantunan Berbahasa Warganet Pada Kolom Komentar Akun Twitter Presiden Joko Widodo Berdasarkan Skala Kesantunan Leech. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajar, 15(2).
Yayuk, R. (2019). Pelaksanaan Skala Leech Dalam Tuturan Wa Redaksi Jurnal Balai/Kantor Bahasa.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id