KESANTUNAN TUTURAN IMPERATIF SISWA KELAS XI IPS
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i2.9241Keywords:
Imperatif, Kesantunan, dan Maksim.Abstract
Kesantunan bertutur diperlukan agar tidak ketersinggungan antara peserta tutur terutama dalam tuturan imperatif. Tuturan imperatif merupakan tuturan perintah yang meminta lawan tutur melakukan keinginan sang penutur. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan siswa kelas XI IPS SMA N 2 Bangko Pusako. Masalah yang diteliti adalah bagaimana kesantunan tuturan imperatif siswa kelas XI IPS SMA N 2 Bangko Pusako? Teori yang digunakan peneliti adalah teori yang dikemukakan oleh Rahardi dan Leech (dalam Rahardi, 2005). Sumber data adalah aktifitas berbahasa yang terjadi antara siswa. Data diperoleh ialah semua tuturan imperatif yang teridentifikasi dalam tuturan siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan teknik observasi, teknik simak, dan teknik catat, teknik rekam. Teknik analisis yang digunakan penulis adalah pengkodean, kalsifikasi data, dan menginterpretasi temuan peneliti yang dikemukkan oleh Lestari (2021). Kesimpulan penelitian ini adalah tuturan imperatif tergolong santun dan ditemukan tuturan imperatif permintaan yang tergolong tidak santun dikarenakan setiap tuturan yang dituturkan oleh penutur menggunakan bahasa yang memaksa, tidak memikirkan perasaan lawan tutur ketika penutur memerintah lawan tutur.References
Adelia, J., & Suhartono. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Podcast
Deddy Corbuzier. Bapala, 8(6), 25–33.
Agustina, R. A., & Juita, N. (2019). Kesantunan Berbahasa Pembawa Acara Waktu Indonesia Timur Di Net Tv. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(3), 422. https://doi.org/10.24036/81037370
Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Varian Kontemporer. PT. Rajagrafindo Persada.
Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). SOSIOLINGUISTIK Perkenalan Awal. Rineka Cipta.
Doko, Y. D. (2017). Kesantunan Berbahasa Dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 159–169. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.163.159-169
Fatmawati “The Realization Of Students’ Polite Rejection Speeches Getsempena English Education Journal (GEEJ) Vol.7 No.1 May 2020
Guntur Tarigan, H. (2015). Pengajaran Pragmatik. Angkasa.
Hidayati, R. N., Hartono, B., & Haryadi. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Rubrik “Ngresula” Radar Tegal. Jurnal Sastra Indonesia, 6(2), 12–24.
Indah Widya Ningrum, Andayani, S. M. (2019). Analisis Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Kelas Siswa SMA Negeri 7 Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Lestari, Ririen Wardiani. Heru Setiawan Kajian Stalistika Teks Lagu dalam Album Untukmu Selamanya Karya Band Ungu Jurnal Bahasa dan Sastra 8(2), Juli 2021, 106-112
Mahsun. (2019). Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode dan Tekniknya (3rd ed.). Rajawali Pers.
Mudassir, A., & Adriana, I. (2020). Kesantunan Berbahasa Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya a. Fuadi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 69–83. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v1i2.2896
Nadar, F. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik.
Ningsih, R. (2007). Kesantunan Tuturan Imperatif Mahasiswa Kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau Angkatan 17” GERAM (Gerakan Aktif Menulis), Volume 2 2013 Title. 363.
Nisa’, M. (2021). Bentuk Kesantunan Tuturan Pendidik Dengan Peserta Didik Dalam Interaksi Pembelajaran. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 311–328. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5850
Pradnyani, N. L. P. B., Laksana, I. K. D., & Aryawibawa, I. N. (2019). Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas Vii Smp Negeri 1 Kuta Utara. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 91. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i2.21374
Putra, I. B. G. D., & Wijana, I. D. P. (2021). Kesantunan Berbahasa Joko
Widodo Dalam Talk Show Mata Najwa. Prasi, 16(02), 114. https://doi.org/10.23887/prasi.v16i02.40615
Putu Wijana, D. (1996). Dasar-dasar Pramatik. Andi Yogyakarta.
Rahardi, K. (2003). Perkenalan Dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. DIOMA.
Rahardi, K. (2005). Pramatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Pt . Gelora Aksara Pratama.
Rahmawati, Y., Tiyas, A., Romadani, F., Road, R., & Yogyakarta, T. (2022). Kesantunan Berbahasa Dalam Pembelajaran Daring Di Sd. 4(1), 42–50.
Rindiani, E. N. (2022). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Sosial di SMPN 5 Ukui Kabupaten Pelalawan. 6, 14173–14181.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuanitatf Kualitatif. Dan R&d. Alfabeta.
Veronika, R., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2020). Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa dan Guru SMP Negeri 03 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 90–97.
Wiranty, W. (2018). Maksim Kesantunan Bahasa Melayu Dialek Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 418. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1021
Wulan Dari, A., Eka Chandra, D. W., Marina Siti Sugiyati, dan, & Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, P. (2016). Analisis Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Pembelajaran Kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran. 10–21
Yule, G. (2006). Pragmatik. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id