E-Commerce dan Gaya Hidup (Studi Mengenai Pengaruh Pembelian Online Terhadap Perilaku Minat Beli Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v5i1.15861Keywords:
Perilaku, E-Commerce, Gaya HidupAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh pembelian onlie terhadap perilaku minat beli mahasiswa Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian kuantitatif asosiatif kausal yaitu untuk hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih dari beberapa populasi untuk sampel dengan teknik pengambilan sampel secara random dan menggunakan instrument penelitian dalam pengumpulan data untuk menguji hipotesis/dugaan yang telah ditetapkan dengan beberapa pertanyaan/angket. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 73 orang mahasiswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa besar pengaruh antara pembelian online e-commerce (X) terhadap perilaku minat beli (Y) ialah berpengaruh secara positif dan signifikan dikarenakan banyaknya kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar yang berminat melakukan transaksi pembelian secara online e-commerce yang dimana pada hasil penelitian menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan hasil koefisien regeresi X sebesar 0,812 menyatakan bahwa jika pembelian online e-commerce (X) mengalami kenaikan satu satuan, maka Pengaruh minat beli (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,812 atau 81,2%. Dapat dikatakan pembelian online memiliki pengaruh besar terhadap gaya hidup.References
Aldrich, M. (2011). Online Shopping in the 1980s. International Business & Economics Research Journal, 33(4).
Cangara, Hafied. 2015.pengantar ilmu komunikasi.jakarta: Rajawali pers
Hafsah, A. H. (2020). pengaruh kepuasan konsumen, perilaku konsumtif, Dan gaya hidup hedonis terhadap transaksi online e-commerce. Prisma (Platfrom Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(6).
Gunawan, A., & Sunardi, H. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98066.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafsyah, A. H. (2020). pengaruh kepuasan konsumen, perilaku konsumtif, Dan gaya hidup hedonis terhadap transaksi online e-commerce. prisma (platfrom riset mahasiswa akuntansi), 01(6), 94-103.
Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2013). konsep diri dan perilaku konsumtif pada mahasiswa yang melakukan belanja online. Angewandle Chemie International Edition, 6(11).
Jeko. (2015). Aplikasi Belanja Online C2C Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Muslim 133 Meluncur di Indonesia. Shopee.
Jonathan, S. (2012). perdagangan online (e-commerce). pt elex media komputindo.
Kristanto, & Andri. (2008). Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gaya Media.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen. 15th Edition, Pearson Education.
Mufarizzaturriziyah. (2020). Gaya, P., & Konsumtif, H. E-Commerce.
Putro, R. Y. A., & Kamal, M. (2013). Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, dan Brand Liking Terhadap Trust In Brand Pada Konsumen Windows Phone Nokia di Surabaya. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 10(2), 178–185. https://doi.org/10.14710/jsmo.v10i2.5916
Prayoga, N. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian. 1(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here