Efektivitas Literasi Bidang PAI Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMP Sebelas Maret Pabuaran Bogor

Penulis

  • Anis Nurhasanah Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah Serpong
  • Ariadi Ariadi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah Serpong
  • Imah Rosidah Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah Serpong

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4321

Kata Kunci:

Literasi, PAI, Minat, Baca

Abstrak

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Mengetahui minat baca siswa di SMP Sebelas Maret Paburan, 2) Mengetahui program literasi bidang pendidikan agama Islam 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca siswa 4) Mengetahui hasil minat baca siswa setelah adanya program literasi bidang pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu 1) Minat baca siswa di SMP Sebelas Maret Pabuaran masih tergolong standar dikarenakan beberapa faktor yaitu faktor dalam diri dan dari luar diri siswa 2) program literasi bidang pendidikan agama Islam di SMP Sebelas Maret Pabuaran terbagi menjadi dua bagian yaitu membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran dan literasi Al-Qur’an setiap kamis dan sabtu masuk dalam ekskul baca Tulis Qur'an 3) kendala yang dihadapi guru yaitu kurang nya koleksi buku non pelajaran dan tidak adanya pustakawan karena keterbatasan anggaran 4) hasil minat baca siswa kelas IX setelah adanya program literasi bidang PAI meningkat signifikan dilihat dari nilai raport siswa yang awalnya hanya 60-70 saat ini meningkat menjadi 80-90 data pada tahun ajaran 2019/2020.

Referensi

DAFTA PUSTAKA

Chasah, Uswatun. (2019) Pengaruh Pasukan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa SMPN 5 Surabaya, dalam Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.: 2.

Suwandi, Sarwiji, (2019) Penddiikan Literasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.:4-3.

Widyani, Nur, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMK. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 7-8

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Penumbuhan Budi Pekerti. Diunduh dari simpuh.kemenag.go.id pdf. Diakses pada tanggal 26 Juli 2020 pukul 15.00

Racco. J.R. (2010) Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo. 9

Daniel, Robert, Joseph, Coding: Sebuah Proses Penting dalam PenelitianKualitatif,dalam,http://josephrdaniel.wordpress.com/2013/08/16/coding-sebuah-proses-penting-dalam-penelitian-kualitatif//, diakses pada 21 Juli 2020, Pkl: 16.57 WIB

Priyanti, Endah, Tri dan Nurhadi. (2017) Membaca Kritis dan Literasi Kritis . Tangerang: Tira Smart. 157

Susanto, Amad. (2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 116

Krestiyani dkk. (2011) Perpustakaan Nasional, Standar Nasional Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional. 12

Amad Susantto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013, hal. 116

Diterbitkan

2021-05-10