Efektivitas Literasi Bidang PAI Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMP Sebelas Maret Pabuaran Bogor
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4321Keywords:
Literasi, PAI, Minat, BacaAbstract
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Mengetahui minat baca siswa di SMP Sebelas Maret Paburan, 2) Mengetahui program literasi bidang pendidikan agama Islam 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca siswa 4) Mengetahui hasil minat baca siswa setelah adanya program literasi bidang pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu 1) Minat baca siswa di SMP Sebelas Maret Pabuaran masih tergolong standar dikarenakan beberapa faktor yaitu faktor dalam diri dan dari luar diri siswa 2) program literasi bidang pendidikan agama Islam di SMP Sebelas Maret Pabuaran terbagi menjadi dua bagian yaitu membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran dan literasi Al-Qur’an setiap kamis dan sabtu masuk dalam ekskul baca Tulis Qur'an 3) kendala yang dihadapi guru yaitu kurang nya koleksi buku non pelajaran dan tidak adanya pustakawan karena keterbatasan anggaran 4) hasil minat baca siswa kelas IX setelah adanya program literasi bidang PAI meningkat signifikan dilihat dari nilai raport siswa yang awalnya hanya 60-70 saat ini meningkat menjadi 80-90 data pada tahun ajaran 2019/2020.
References
DAFTA PUSTAKA
Chasah, Uswatun. (2019) Pengaruh Pasukan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa SMPN 5 Surabaya, dalam Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.: 2.
Suwandi, Sarwiji, (2019) Penddiikan Literasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.:4-3.
Widyani, Nur, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMK. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 7-8
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Penumbuhan Budi Pekerti. Diunduh dari simpuh.kemenag.go.id pdf. Diakses pada tanggal 26 Juli 2020 pukul 15.00
Racco. J.R. (2010) Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo. 9
Daniel, Robert, Joseph, Coding: Sebuah Proses Penting dalam PenelitianKualitatif,dalam,http://josephrdaniel.wordpress.com/2013/08/16/coding-sebuah-proses-penting-dalam-penelitian-kualitatif//, diakses pada 21 Juli 2020, Pkl: 16.57 WIB
Priyanti, Endah, Tri dan Nurhadi. (2017) Membaca Kritis dan Literasi Kritis . Tangerang: Tira Smart. 157
Susanto, Amad. (2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 116
Krestiyani dkk. (2011) Perpustakaan Nasional, Standar Nasional Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional. 12
Amad Susantto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013, hal. 116
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id