Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Cholilawati Abdullah Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Suliyanthini Program Desain Tata Busana, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4316

Kata Kunci:

konsumen, perubahan perilaku, perilaku konsumen, Covid-19

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah banyak membuat perubahan. Perubahan yang terjadi begitu cepat membuat konsumen mengubah perilakunya dalam memperoleh barang dan jasa. Berdasarkan alasan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi atau gambaran umum tentang situasi yang terjadi pada perubahan perilaku konsumen di saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan perilaku konsumen pada indikator mencari informasi terkait barang dan jasa dilakukan dengan mendatangi lokasi disaat pandemi covid-19 .Perubahan perilaku konsumen pada indikator membeli barang / jasa sedikit dilakukan dengan mendatangi pasar tradisional atau pun minimarket terdekat disaat pandemi covid-19. Perubahan perilaku konsumen pada indikator menggunakan barang / jasa lebih banyak dilakukan dengan syarat dan mensterilkan terlebih dahulu sebelum pandemi Covid-19 . Tidak terdapat perubahan perilaku konsumen pada indikator mencampakkan kemasan barang sebelum atau disaat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian disingkat bahwa terdapat perubahan pada perilaku konsumen disaat pandemi Covid-19 pada indikator mencari informasi, menggunakan, dan membeli.

Biografi Penulis

  • Cholilawati Abdullah, Universitas Negeri Jakarta
    Program Desain Tata Busana, Universitas Negeri Jakarta

Referensi

Amalia, V., Hadisantoso, E. P., Wahyuni, I. R., & Supriatna, A. M. (2020). Penanganan limbah infeksius rumah tangga pada masa wabah COVID-19. Lp2M, 2.

Arifah, N. (2020). Manajemen Perubahan Dalam Mewujudkan Madrasah Berprestasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.

Bambang Sudarsono, M. T. R. (2020). DAMPAK CORONAVIRUS DISEASES (COVID 19) TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PENGGEMAR KOPI GIRAS di JAWA TIMUR. Eco-Entrepreneurship, 6(1), 15–24.

Hutauruk, M. R. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap faktor yang menentukan perilaku konsumen untuk membeli barang kebutuhan pokok di Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2(1), 1–15.

Iksal, M. (2020). ANALISIS BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19. 21(1), 1–9.

Khairunas. (2020). Bahaya impulse buying pada pelanggan online shop saat pandemi covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 349–353. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Nurmalia, N., Nurani, F., Publik, A., Administrasi, F. I., Brawijaya, U., & Timur, J. (2019). Strategi Kepemimpinan Dalam Perubahan Ekonomi G-20. (3), 1–12.

Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18

Siti Nur Fatoni, Cucu Susilawati, Lina Yulianti, I. (2020a). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30953

Siti Nur Fatoni, Cucu Susilawati, Lina Yulianti, I. (2020b). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. UIN Sunan Gunung Djati Digital Library.

Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19, 56–66.

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2013). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah : Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wisenblit, L. G. S. dan J. L. (2015). Consumer Behavior. USA: Pearson Education.

World Health Organization. (2020). Penyakit Corona Virus 2019 (Covid-19).

Diterbitkan

2021-01-03