Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4316Keywords:
konsumen, perubahan perilaku, perilaku konsumen, Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 telah banyak membuat perubahan. Perubahan yang terjadi begitu cepat membuat konsumen mengubah perilakunya dalam memperoleh barang dan jasa. Berdasarkan alasan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi atau gambaran umum tentang situasi yang terjadi pada perubahan perilaku konsumen di saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan perilaku konsumen pada indikator mencari informasi terkait barang dan jasa dilakukan dengan mendatangi lokasi disaat pandemi covid-19 .Perubahan perilaku konsumen pada indikator membeli barang / jasa sedikit dilakukan dengan mendatangi pasar tradisional atau pun minimarket terdekat disaat pandemi covid-19. Perubahan perilaku konsumen pada indikator menggunakan barang / jasa lebih banyak dilakukan dengan syarat dan mensterilkan terlebih dahulu sebelum pandemi Covid-19 . Tidak terdapat perubahan perilaku konsumen pada indikator mencampakkan kemasan barang sebelum atau disaat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian disingkat bahwa terdapat perubahan pada perilaku konsumen disaat pandemi Covid-19 pada indikator mencari informasi, menggunakan, dan membeli.
References
Amalia, V., Hadisantoso, E. P., Wahyuni, I. R., & Supriatna, A. M. (2020). Penanganan limbah infeksius rumah tangga pada masa wabah COVID-19. Lp2M, 2.
Arifah, N. (2020). Manajemen Perubahan Dalam Mewujudkan Madrasah Berprestasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.
Bambang Sudarsono, M. T. R. (2020). DAMPAK CORONAVIRUS DISEASES (COVID 19) TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PENGGEMAR KOPI GIRAS di JAWA TIMUR. Eco-Entrepreneurship, 6(1), 15–24.
Hutauruk, M. R. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap faktor yang menentukan perilaku konsumen untuk membeli barang kebutuhan pokok di Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2(1), 1–15.
Iksal, M. (2020). ANALISIS BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19. 21(1), 1–9.
Khairunas. (2020). Bahaya impulse buying pada pelanggan online shop saat pandemi covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 349–353. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Nurmalia, N., Nurani, F., Publik, A., Administrasi, F. I., Brawijaya, U., & Timur, J. (2019). Strategi Kepemimpinan Dalam Perubahan Ekonomi G-20. (3), 1–12.
Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18
Siti Nur Fatoni, Cucu Susilawati, Lina Yulianti, I. (2020a). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30953
Siti Nur Fatoni, Cucu Susilawati, Lina Yulianti, I. (2020b). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. UIN Sunan Gunung Djati Digital Library.
Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19, 56–66.
Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2013). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah : Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wisenblit, L. G. S. dan J. L. (2015). Consumer Behavior. USA: Pearson Education.
World Health Organization. (2020). Penyakit Corona Virus 2019 (Covid-19).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id