Pengaruh Influencer TikTok Awbimax Terhadap Penilaian Sosial Mahasiswa Universitas Lampung
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i1.15694Kata Kunci:
Awbimax, Influencer Tiktok, Mahasiswa, , Media Sosial, Penilaian SosialAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh influencer TikTok dengan nama akun @Awbimax terhadap penilaian sosial mahasiswa Universitas Lampung. Dalam era media sosial, influencer memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi dan memengaruhi perilaku masyarakat, termasuk di antaranya mahasiswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kritik yang dilontarkan oleh Awbimax terhadap kondisi di Provinsi Lampung, yang menciptakan respon dan tanggapan dari masyarakat, termasuk mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan survei kuantitatif dengan 116 responden mahasiswa Universitas Lampung dari berbagai fakultas. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak Smart PLS versi 3.00. Hasil analisis menunjukkan bahwa influencer @Awbimax memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penilaian sosial mahasiswa, serta terhadap kecenderungan untuk meniru (imitasi) perilaku atau gaya bahasa influencer tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa konten yang disebarkan oleh influencer di media sosial memiliki dampak yang signifikan terhadap penilaian dan perilaku masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa. Hal ini memperkuat pentingnya pemahaman tentang peran dan dampak influencer dalam budaya digital saat ini. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana influencer dapat memengaruhi penilaian dan perilaku sosial, serta implikasinya terhadap dinamika sosial di masyarakat.
Referensi
Ariana, R. (2016). Peran Akun Instagram @Dr.Tirta Sebagai Influencer Dalam Edukasi Pencegahan Covid-19 Di Media Sosial
Instagram (Analisis Isi Konten Instagram @dr.tirta) Agustian.
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, VI(I), 1–23.
BBC News Indonesia. (2023). Polda Lampung hentikan kasus TikToker Bima, Pakar Sebut Unsur Ujaran Kebencian Yang Dituduhkan 'Tidak Kena': https://www.bbc.com/indonesia/articles/ckm6m37l4nko
Indrisetiawati, D., & Puspitasari, E. (2023). Kontroversi Pemakaian Turban Sebagai Jilbab di Kalangan Mahasiswa. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 5(2), 160-173.
Morrisan, Andy Chorry Wardani dan Farid Hamid. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia Tim Pusat Studi dan Kebijakan. 2002. Tanah Lampung. Bandar Lampung: PUSSbik
Safitri, A. A., Rahmadhany, A., & Irwansyah. (2021). Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(1), 1–9.
Sari, M. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Journal of Business and Economics (JBE) UPI YPTK, 7(3), 395–401. https://doi.org/10.35134/jbeupiyptk.v7i3.190
Umar, A., & Norawati, S. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Upt Sungai Duku Pekanbaru. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 835–853. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.656.
Kristinova, Jessica Claudia (2022). Tindakan Imitasi Gaya Hidup Pemengaruh Pada Generasi Milenial. JAS (Jurnal Analisa Sosiologi), 11 (2):350 - 363. https://doi.org/10.20961/jas.v11i2.57261
Wati, R., & Yuki, L. K. (2022). Dampak postingan Instagram terhadap kaidah berbahasa Indonesia dan penilaian sosial. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 91. https://doi.org/10.26418/ekha.v5i2.51820
W. S. R. Putri , N. R. Nurwati and M. S Budarti, "Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja," Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, pp. 47-51, 2016.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id