Peran Guru Kelas dan Orangtua dalam Mencegah Cyberbullying di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14238Kata Kunci:
Cyberbullying, Sekolah Dasar, Orangtua, Guru KelasAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ada di salah satu SD swasta di Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui Peran Guru Kelas dan Orangtua dalam pencegahan Cyberbullying di sekolah dasar. Cyberbullying di kalangan siswa sekolah dasar telah menjadi isu yang semakin meresahkan, memerlukan perhatian serius untuk pencegahan dan penanganan yang efektif. Penelitian ini mengeksplorasi peran penting guru kelas dan orang tua dalam upaya pencegahan cyberbullying di lingkungan sekolah dasar. Guru kelas memegang peran sentral dalam memberikan edukasi kepada siswa mengenai perilaku online yang sehat, etika digital, serta dampak negatif dari cyberbullying. Mereka juga berperan sebagai pengawas aktif di lingkungan sekolah, mengidentifikasi tanda-tanda potensial cyberbullying, dan memberikan sanksi yang sesuai. Di sisi lain, orang tua memiliki tanggung jawab untuk memantau aktivitas online anak-anak, menggunakan alat kontrol parental, dan terlibat langsung dalam kehidupan digital mereka. Dengan membuka saluran komunikasi yang terbuka, orangtua dapat menciptakan lingkungan di mana anak-anak merasa nyaman berbicara tentang pengalaman online mereka. Kerjasama erat antara guru kelas dan orangtua, dengan fokus pada pendidikan, pengawasan, dan dukungan, dianggap sebagai kunci utama dalam menciptakan lingkungan sekolah dasar yang aman dari ancaman cyberbullying. Studi ini bertujuan memberikan pandangan holistik terhadap peran keduanya dan mendukung implementasi strategi pencegahan yang berkelanjutan di tingkat sekolah dasarReferensi
Anggraeni, D., & Rahmi, A. (2022). Pandangan Orang Tua Anak Usia Dini Terhadap Bullying atau
Perundungan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16808–16814.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5217
Bauman, S., Toomey, R. B., & Walker, J. L. (2013). Associations among bullying, cyberbullying, and
suicide in high school students. Journal of Adolescence, 36(2), 341–350.
https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2012.12.001
Chakan, A., & Millenio, M. F. (2023). Protection of Cyberbullying Victims in Indonesia (An Overview of
Law and Victimology). Semarang State University Undergraduate Law and Society Review, 3(1),
–26. https://doi.org/10.15294/lsr.v3i1.53757
Contoh, B., Issa, J., Tabares, I., Objek, P. B. B., Hasil, L., Informasi, T., Aradea, Ade Yuliana, H. H.,
Pattiserlihun, A., Setiawan, A., Trihandaru, S., Fisika, P. S., Sains, F., Kristen, U., Wacana, S.,
Diponegoro, J., Jawa, S., Indonesia, T., Putra, R. L., Hidayat, B., … Adhitya Putra, D. K. T. (2019).
No Title. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.
http://www.ghbook.ir/index.php?name=گنهرف و هناسر یاه
B1949C9DE=khsahkhc&37=egap&05631=di_koob&enilnodaer=ksat&koobd_moc=noitpo&ن وی ن4&Itemid=218&lang=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.goog
le.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA
Darmawan, N. H., Hilmawan, H., P, D. S., E, L. A., Hikmatullah, L., S, M. Z., Ramdan, M., Ridwan, M.,
Fahran, M. N., R, R. A., & K, R. S. (2023). Literasi Digital : Pemahaman Cyberbullying pada Siswa
Sekolah Dasar. 4(4), 1929–1935.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook,
Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Muhammad Fikri Salim, & Iman, T. (2022). Penggunaan Bahasa Kasar Oleh Remaja Laki-Laki Btn
Karang Dima Indah Sumbawa Dalam Pergaulannya. Kaganga Komunika: Journal of
Communication Science, 4(2), 87–101. https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v4i2.2054
Olweus, et al. (2019) Addressing Specific Forms of Bullying: A Large-Scale Evaluation of the Olweus
Bullying Prevention Program. International Journal of Bullying Prevention
https://doi.org/10.1007/s42380-019-00009-7.
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama
Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 1–19.
www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Rahmadhany, A., Aldila Safitri, A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate
Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 30–43.
https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182
Syahida Kurnia Dinda, & Christiana Elisabeth. (2020). Studi Kasus Perundungan Verbal Siswa Pada
Sekolah Dasar Ditinjau Dari Jenis Gender. Jurnal BK Unesa, 11, 274–287
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id