Iklan Televisi dan Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai

Penulis

  • Ibrahim Arifin Arifin Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Syukur Universitas Negeri Makassar
  • M.Ridwan Said Ahmad Universitas Negeri Makassar
  • Jamaluddin Arifin Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10782

Kata Kunci:

Iklan Televisi, Perubahan Sosial Budaya

Abstrak

ABSTRAK

                Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan faktor yang menyebabkan iklan televisi dalam mendorong perubahan sosial budaya masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat. (2) Mediskripsikan bentuk-bentuk perubahan yang ditimbulkan oleh iklan televisi pada kehidupan sosial budaya masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah peenelitian kualitatif tipe deskrifitif dengan pendekatan fenomologi, penentuan informan dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Dengan lokasi penelitian di Desa Gunung Perak Sinjai Barat. Informan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang tua, dua remaja, dan satu tokoh masyarakat. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) faktor yang menyebabkan Iklan televisi mendorong perubahan sosial budaya masyarakat Gunung Perak disebabkan karena iklan televisi mempunyai karakteristik khusus, tingakat pendidikan (pengetahuan) yang masih rendah, budaya masyarakat gunung perak yang masih bersifat tradisional, iklan televisi sebagai sumber inspirasi dan media pembelajaran. (2)   Bentuk perubahan sosial budaya yang disebabkan oleh iklan televisi perubahan dalam bahasa, gaya hidup, perubahan pola kepercayaan dan perkembangan pengetahuan, pergeseran pola tingkah laku, masyarakat cenderung bersikap konsumeristik dan serba instan.

Biografi Penulis

  • Ibrahim Arifin Arifin, Universitas Negeri Makassar
    Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar

Referensi

Agussalim, A. M. 2004. Perspektif Sosiologi dalam Konteks Ilmu Sosial.

Arikonto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta

Baudrillard, Jean. 2006. Masyarakat Konsumsi. Jogjakarta : KreasiWacana

Berger, Peter, 1963. Invitation to Sociology, A Humanistic Perspective, Garden City, Doubleday,

Bungin, Burhan. 2008. Kontruksi Sosial Media Massa. Kencana Perdana Media Grup.

Bungin, B. 2007. Penelitian kualitatif: komunikasi, Ekonomi, kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Darwanto,2007. Televisi sebagai media pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Koentjaraningrat. 2000. Kebudayan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Kuswandi, Wawan. 2008. Komunikasi Massa: Analisis Interaktif Budaya Massa. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: P.T.Raja Grafindo.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabetha

Sztompka, P. 2005 perubahan sosial budaya Kencana Jakarta

Diterbitkan

2023-05-17