Iklan Televisi dan Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10782Keywords:
Iklan Televisi, Perubahan Sosial BudayaAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan faktor yang menyebabkan iklan televisi dalam mendorong perubahan sosial budaya masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat. (2) Mediskripsikan bentuk-bentuk perubahan yang ditimbulkan oleh iklan televisi pada kehidupan sosial budaya masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah peenelitian kualitatif tipe deskrifitif dengan pendekatan fenomologi, penentuan informan dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Dengan lokasi penelitian di Desa Gunung Perak Sinjai Barat. Informan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang tua, dua remaja, dan satu tokoh masyarakat. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) faktor yang menyebabkan Iklan televisi mendorong perubahan sosial budaya masyarakat Gunung Perak disebabkan karena iklan televisi mempunyai karakteristik khusus, tingakat pendidikan (pengetahuan) yang masih rendah, budaya masyarakat gunung perak yang masih bersifat tradisional, iklan televisi sebagai sumber inspirasi dan media pembelajaran. (2) Bentuk perubahan sosial budaya yang disebabkan oleh iklan televisi perubahan dalam bahasa, gaya hidup, perubahan pola kepercayaan dan perkembangan pengetahuan, pergeseran pola tingkah laku, masyarakat cenderung bersikap konsumeristik dan serba instan.
References
Agussalim, A. M. 2004. Perspektif Sosiologi dalam Konteks Ilmu Sosial.
Arikonto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta
Baudrillard, Jean. 2006. Masyarakat Konsumsi. Jogjakarta : KreasiWacana
Berger, Peter, 1963. Invitation to Sociology, A Humanistic Perspective, Garden City, Doubleday,
Bungin, Burhan. 2008. Kontruksi Sosial Media Massa. Kencana Perdana Media Grup.
Bungin, B. 2007. Penelitian kualitatif: komunikasi, Ekonomi, kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.
Darwanto,2007. Televisi sebagai media pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Koentjaraningrat. 2000. Kebudayan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Kuswandi, Wawan. 2008. Komunikasi Massa: Analisis Interaktif Budaya Massa. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: P.T.Raja Grafindo.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabetha
Sztompka, P. 2005 perubahan sosial budaya Kencana Jakarta
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id