Motivasi Pemuda Dalam Melanjutkan Perguruan Tinggi (Studi Pada Pemuda Yang Melanjutkan Studi Ke Perguruan tinggi Di Kampung Suka Jadi Desa Pangke Kabupaten Karimun)
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14985Keywords:
Motivasi, Pemuda, Perguruan tinggiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi pemuda dalam melanjutkan perguruan tinggi di Kampung Suka Jadi Desa Pangke Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemuda Kampung Suka Jadi yang baru lulus sekolah menengah di tahun 2022 yaitu sebanyak 28 jiwa, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dan diperoleh kriteria sampel tersebut yaitu pemuda yang lulus SLTA/Sederajat di tahun 2022 dan melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi sebanyak 8 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam teori Abraham Maslow, teori hierarki kebutuhan membentuk sebuah piramida yang dimana pemenuhan kebutuhan dasar atau kebutuhan fisiologis terdapat di level paling bawah. Adapun harapan informan mengenai motivasi mereka untuk melanjutkan pendidikan sebagaimana yang telah diuraikan seperti berharap adanya rasa aman karena mendapat gelar, merasa diterima di lingkungan, merasa di hargai, menambah relasi dan wawasan, hal tersebut merujuk kepada satu pemenuhan kebutuhan yaitu agar dapat dengan mudah mencari pekerjaan dengan penghasilan yang besar. Adanya motif pemenuhan kebutuhan ekonomi. Artinya, secara tidak sadar para informan berusaha untuk memenuhi kebutuhan fisiologis agar kehidupan mereka menjadi sejahtera dan berkecukupan.
References
Andayani, T., Febryani, A., & Andriansyah, D. 2020. Pengantar Sosiologi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Andjarwati, T. 2015. Motivasi Dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan
Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori Xy Mc Gregor, Dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan Manajemen, 2(01).
Damsar. 2015. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group.
Damsar. 2017. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Kencana
Laily, N. (2020). Teori Jaringan Sosial. Teori SoSial empirik, 161.
Maksum, Ali. 2016. Sosiologi Pendidikan. Malang: Madani.
Malelak, V.Y. 2022. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Muqsith, M. A; 2019; Pemuda, Globalisasi dan Perubahan Sosial; Jurnal ‘adalah : Buletin Hukum dan Keadilan; 3(4); Universitas Pembangunan Nasional Veteran: Jakarta.
Nasution. 2014. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Prihartanta, W. 2015. Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Riadi, M., Zaini, A., & Solina, W. 2021. Profil Motivasi Remaja Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Desa Pesajian Kecamatan Batang Peranap Riau. Mudabbir (Journal Research And Education Studies), 1(2), 21-27.
Soekanto, Soerjono & Sulistyowati, Budi. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Arip. 2021. Faktor Penyebab Rendahnya Minat Remaja Desa Untuk Melanjutkan Jenjang Pendidikan Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Desa Pangarengan Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang). Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah : Jakarta
Susanto, N. H. 2018. Mengurai Problematika Pendidikan Nasional Berbasis Teori Motivasi Abraham Maslow Dan David Mcclelland. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 30-39.
Susanto, N. H., & Lestari, C. 2018. Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. Edukasia Islamika, 184-202.
Toenlioe, A. J. 2016. Sosiologi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Uno, H. B. 2021. Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Wahjono, S. I. 2022. Manajemen Motivasi. Universitas Muhammadiyah : Surabaya
UNDANG-UNDANGREPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2009 TENTANG KEPEMUDAAN; didownload dari
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38784/uu-no-40-tahun-2009
Website :
https://bprsku.co.id/pengertian-pemuda-lengkap/ ; didownload tanggal 10 Oktober 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id