Moving Class: Eksplorasi Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 4 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14821Keywords:
Metode Moving Class, Pembelajaran Sosiologi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) menggambarkan penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi, (3) menganalisis dampak penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 4 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposisive sampling, informan sebanyak 14 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan memiliki kriteria, siswa kelas 3 yaitu ketua kelas, siswa yang rajin masuk dan siswa yang sering membolos. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran penerapan metode Moving Calss di SMAN 4 Makassar yaitu (a) tahap perencanaan dengan cara mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (b) tahap pelaksanaan yaitu menciptakan suatu transformasi yang menekankan perpindahan ruangan sebagai strategi utama dan (c) tahap evaluasi itu dilakukan secara sistematis untuk mengukur pencapaian kompetensi yang telah ditentukan oleh guru. (2) Faktor pendukung penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi yaitu regulasi sekolah dan penerapan pelatihan guru. Sementara itu, faktor penghambatnya seperti minimnya sarana dan prasarana, serta siswa yang tidak bisa dikondisikan seperti ketidakdisiplinan siswa. (3) Dampak penerapan metode Moving Class dalam pembelajaran sosiologi yaitu dampak positif mencakup, (a) peningkatan kemandirian, kerjasama, dan kepedulian sosial, (b) meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa, (c) terjadinya interaksi sosial ketika perpindahan kelas, (d) pengembangan keterampilan sosial, (e) kebebasan memilih tempat duduk. Selanjutnya dampak negatif, (a) peningkatan peluang siswa untuk membolos lebih besar dan (b) terpotongnya waktu yang di gunakan ketika perindahan kelas.References
Agustang, A. (2020). Filosofi Research dalam Upaya Pengembangan Ilmu. Multi Global, Makassar.
Ana Fitra T, Tugiman & Marwoto S. (2013). Pengaruh Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS 2 di MAN 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Riau.
Annezsa, F. (2014). Hubungan Presepsi Siswa Tentang Moving Class Dan Hasil Tes Prestasi Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI IPS Di MAN Jakarta. (Jurnal). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Didik Supriyanto. (2014). Meningkatkan Proses Pembelajaran Melalui Moving Class. Metodeing: Jurnal Program Studi PGMI. 1(1) 1-14.
Djola. (2017). Kelemahan dan Kelebihan Moving Class. Diakses pada 19 Oktober 2023. http://belajarpendidikanpkn.com
Ghony Djunaidi dan Fauzan Almanshur. (2012). Metodologi Penelitian kualitatif. JogJakarta: Ar‐Ruzz Media
Muflihatun, Hafidina Nur, & Suryani, Nanik. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kompetensi Profesional Guru, dan Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Kepuasan Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 215-227.
Nur Azizah & Soejoto A. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Moving Class terhadap Hasil belajar Ekonomi Siswa XI IPS MA Raudlatul Muta'Allimin Babat Kota Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1-7.
Picha. (2017). Hubungan Penerapan Moving Class dengan Hasil belajar Geografi di SMA Negeri 3 Prabumulih Tahun Pelajaran 2016/2017. digilib.unila
Rahmadanni Pohan. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Ssiswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Skripsi Fakutas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ritzer, George. (2016). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Edisi kedua. Cetakan ke-12. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabet
Siti Maqnunah. (2022). Implementasi metode Moving Class dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Solehuddin, Dina, K.S. Arifin, Z. (2022). Konsep dan Metode Pengembangan Kurikulum. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Solehudin, Tedi Priatna & Qiqi Yuliati Zaqiyah, Konsep Implementasi Kurikulum Prototype, Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4, (2022), hal. 7486-7495.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumindar & Lestari W. (2012). Metode Pembelajaran Moving Class Mata Pelajaran Seni Budaya dan Implikasinya terhadap Kemandirian Siswa di SMA Karangturi Semarang. Catharsis: Journal of Arts Education. 1(2), 16-21.
Syaiful Bahri Ddamarah. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widiasworo E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Yurni Suasti. (2009). Pengembangan Metoda Pembelajaran dan Moving Class Suatu Solusi Mengatasi Pembelajaran IPS. Arsip Universitas Negeri Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id