PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP PERILAKU SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.356Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah terhadap perilaku siswa di SMA Hang Tuah Makassar. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriftif kuantitatif, yang beralokasi di SMA Hang Tuah Makassar.Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Cluster/ judgmental sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, koesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa validitas, realibilitas, uji normalitas, linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan SPSS 17 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka nilai signifikansi yang diperoleh 0,000, sedangkan nilai r square menunjukkan 0,58 artinya terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah terhadap perilaku siswa di SMA Hang Tuah Makassar sebesar 58%.
Kata Kunci: Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, perilaku siswa.
The purpose of this study was to determine the influence of family and school environment on student behavior in SMA Hang Tuah Makassar. This type of research is descriptive quantitative, which located in SMA Hang Tuah Makassar. Cluster sampling is the technique / judgmental as many as 61 students. The technique of collecting data is through observation, questioner, interview, and documentation. Analysis of data by measures such as validity, reliability, test for normality, linearity and hypothesis testing using simple linear regression formula with SPSS 17 for Windows. Based on the results of the data analysis, the significant value gained 0,000, while the r value of 0.58 means that there are square shows the influence of family and school environment on student behavior in SMA Hang Tuah Makassar by 58%.
Keywords: family environment, school environment, student behaviorReferensi
Arikunto Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Departemen Agama RI th. 2004. Al-Quran dan Terjemahan.
Republik Indonesia. Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Cet. I; Jakarta: Penerbit Asa Mandiri, 2008.
Yusuf, Syamsu 2006, Perkembangan Anak dan Remaja: Bandung. PT. Rineka Cipta.
Tu’u,Tulus.2004, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta:Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com