PEMBINAAN KEISLAMAN MAHASISWA BERBASIS TUTORIAL
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.351Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sekaligus menganalisis pembinaan keislaman berbasis tutorial di Unismuh Makassar. Fokus kajiannya adalah bagaimana model tutorial yang diterapkan pada kegiatan pembinaan keislaman, khususnya pada tiga kegiatan, yaitu: pesantren mahasiswa baru, dar al-arqam dasar (DAD), dan perkuliahan al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa ketiga kegiatan tersebut menekankan pengalaman keberislaman dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan tutorial di bidang aqidah menekankan pada purifikasi iman dari syirik, praktik ibadah yang sesuai dengan Himpinan Putusan Tarjih Muhammadiyah, serta akhlak mulia.
Kata Kunci: Pembinaan keislaman mahasiswa, tutorial.
This study aims to describe as well as analyzing the development of Islamic-based tutorial on Makassar Muhammadiyah University. The focus of study is how to model the tutorial that is applied to the activities of Islamic guidance, particularly on three activities, namely: boarding school freshman, Al- Arqam basic training (DAD), and the subject used al-Islam and Kemuhammadiyahan (AIK). This type of research is qualitative. Data were collected through interviews, observation, and documentation. Research shows that three of these activities emphasize Islamic experience in the life. Tutorial activities of Aqeedah is emphasizes the purification of faith and shirk, the worship practices in accordance with decision Himpunan Tarjih Muhammadiyah, and good behavior. Keywords: Islamic Guidance student, tutorial.Referensi
Dewan Pimpinan Pusat IMM. 2011. Sistem Perkaderan IMM. Cet. I; Jakarta: DPP IMM.
Erikson, Erik H. 2010. Childhood and Society, terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamdan. 2009. Paradigma Baru Pendidikan Muhammadiyah. Cet. I; Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Ilyas, Yunahar. 2011. Kuliah Akhlak, Cet. XI; Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam.
Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika.
Zakiah Daradjat. 2005. Ilmu Jiwa Agama. Cet. XVII; Jakarta: Bulan Bintang.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com