Implementasi Strategi Inkuiri Posesif Sebagai Aktualisasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Di MTSn 2 Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v9i01.13269Kata Kunci:
Strategi Inkuiri, Pembelajaran Aktif, SKIAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dari Implementasi Strategi Inkuiri sebagai Aktualisasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Materi “SKI”di MTsN 2 Sidoarjo Pada Siswa Kelas 7-D. Dalam menerapkan strategi inkuiri, yakni pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru saja, melainkan juga berpusat pada siswa. Dengan demikian, siswa dapat melatih kemampuannya untuk berfikir secara kritis dalam memecahkan suatu masalah, sehingga dapat terjadi proses pembelajaran yang aktif (active learning). Hal ini dapat terjadi jika terdapat sebuah komunikasi atau kerjasama dua arah, yakni guru dan siswa. Penelitian ini memakai sumber data yang berasal dari hasil observasi atau pengamatan dan library research. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualittaif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya strategi inkuiri dapat diterapkan secara baik dengan memperoleh sebuah pembelajaran yang aktif jika sang guru sebelum memulai pembelajaran menyiapkan alat peraga untuk menghindari kebosanan siswa, karena pada umumnya materi SKI hanya disampaikan dengan metode ceramah. Dan siswa pun siap dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dalam proses pembelajaran SKI tersebut, guru membuat permainan dengan tanya jawab agar siswa tidak bosan, permainan tersebut melatih konsentrasi siswa, serta hasil dari proses tersebut membuat siswa semangat.
Referensi
Aisah, S. (2019). PENERAPAN ACTIVE LEARNING STRATEGI KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 LABUHANBATU. Jurnal ANSIRU, 3, 117–128.
Fauzi, A. (2019). INOVASI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI GUIDEDAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Kependidikan, 13(2), 131–145.
Genot, E. J. (2018). Strategies of inquiry: The ‘Sherlock Holmes sense of deduction’ revisited. Synthese, 195(5), 2065–2088. https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x
Humisar. (2016). Penerapan Strategi Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesiasiswa Kelas Vii.1Smpnegeri 2 Mandau. XII(2), 1–23.
Ishaq Hunain, Abd Kodir, Mo Kamil, MAnsur, Rofiqi Choirul Anam, Fitriyatul Maulidia, Insiyatun Nafisah, Jamiatus Sholihah, Kholivia Agustin Ningsih, Nofita Indah Permatasari, Nurisatul Kutsiyah, Nurroh Suci Rahayu, F. M. (2022). Penerapan Metode Active Learning Pada Pencapaian Akademik Mahasiswa PAI. 06, 1–15.
Izzatul Yuanita, D. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aswaja Siswa di Madrasah. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 144. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i1.561
Julimah, J. J., Winarni, E. W., & Hmbali, D. H. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 9 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 53–61. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12305
Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838
Mahanis, J., & Syahwani, S. (2022). Strategi Guru Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.61456/tjiec.v3i1.58
Muhajir. (2021). Mewujudkan Kreativitas Guru Dalam Membentuk Pembelajaran Aktif. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 8(1), 33–61. https://doi.org/10.47574/kalam.v8i1.82
Patimah, P. P. (2019). Penggunaan Model Active Learnng Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Inspirasi: Jurnal Ilmu-Ilmu …, 16(2). http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/1441
Rais, S., Sudirman, S., Listantia, N., Wardani, I. K., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X SMA Al-Hananiyah. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 228–231.
Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 56–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.35
Roza, D., & Hartati, S. (2021). Analisis Urgensi Strategi Pembelajaran Active Learning di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(3), 114508–114518.
Sari, R. M., Rusdi, R., & Maulidiya, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.31-39
Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Educatio, 13(1), 68. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.841
Siregar, Z. A., Kirana, I. O., Nasution, Z. M., & Hidayati, N. (2023). Penerapan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MTs Khairotul Islamiyah Pematangsiantar. 2(2).
Sri Wahyuningsih, Rustiyarso, R. A. (2017). Penerapan keterampilan bertanya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada sma santun untan pontianak. Vol 6, No, 1–10.
Sunadi, S., & Farhan, M. (2020). Implementasi Pembelajaran Aktif Mata Pelajaran Fiqih Di Mts N 1 Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa …, 803–810. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/12428
Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1364
Tombeg, S., Karwur, H., & Lobja, X. (2019). Optimizing the Use of Inquiry Strategy in Learning Population and Environmental Education. 363(Icss), 667–669. https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.92
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com