Implementasi Strategi Inkuiri Posesif Sebagai Aktualisasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Di MTSn 2 Sidoarjo

Penulis

  • Alaika M. Bagus Kurnia PS Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Dinda Kenanga Larasati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Bagus Raditya Effanda Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Dia Antikah Antikah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26618/jtw.v9i01.13269

Kata Kunci:

Strategi Inkuiri, Pembelajaran Aktif, SKI

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dari Implementasi Strategi Inkuiri sebagai Aktualisasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Materi “SKI”di MTsN 2 Sidoarjo Pada Siswa Kelas 7-D. Dalam menerapkan strategi inkuiri, yakni pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru saja, melainkan juga berpusat pada siswa. Dengan demikian, siswa dapat melatih kemampuannya untuk berfikir secara kritis dalam memecahkan suatu masalah, sehingga dapat terjadi proses pembelajaran yang aktif (active learning). Hal ini dapat terjadi jika terdapat sebuah komunikasi atau kerjasama dua arah, yakni guru dan siswa. Penelitian ini memakai sumber data yang berasal dari hasil observasi atau pengamatan dan library research. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualittaif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya strategi inkuiri dapat diterapkan secara baik dengan memperoleh sebuah pembelajaran yang aktif jika sang guru sebelum memulai pembelajaran menyiapkan alat peraga untuk menghindari kebosanan siswa, karena pada umumnya materi SKI hanya disampaikan dengan metode ceramah. Dan siswa pun siap dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dalam proses pembelajaran SKI tersebut, guru membuat permainan dengan tanya jawab agar siswa tidak bosan, permainan tersebut melatih konsentrasi siswa, serta hasil dari proses tersebut membuat siswa semangat.

Referensi

Aisah, S. (2019). PENERAPAN ACTIVE LEARNING STRATEGI KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 LABUHANBATU. Jurnal ANSIRU, 3, 117–128.

Fauzi, A. (2019). INOVASI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI GUIDEDAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Kependidikan, 13(2), 131–145.

Genot, E. J. (2018). Strategies of inquiry: The ‘Sherlock Holmes sense of deduction’ revisited. Synthese, 195(5), 2065–2088. https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x

Humisar. (2016). Penerapan Strategi Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesiasiswa Kelas Vii.1Smpnegeri 2 Mandau. XII(2), 1–23.

Ishaq Hunain, Abd Kodir, Mo Kamil, MAnsur, Rofiqi Choirul Anam, Fitriyatul Maulidia, Insiyatun Nafisah, Jamiatus Sholihah, Kholivia Agustin Ningsih, Nofita Indah Permatasari, Nurisatul Kutsiyah, Nurroh Suci Rahayu, F. M. (2022). Penerapan Metode Active Learning Pada Pencapaian Akademik Mahasiswa PAI. 06, 1–15.

Izzatul Yuanita, D. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aswaja Siswa di Madrasah. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 144. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i1.561

Julimah, J. J., Winarni, E. W., & Hmbali, D. H. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 9 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 53–61. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12305

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838

Mahanis, J., & Syahwani, S. (2022). Strategi Guru Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.61456/tjiec.v3i1.58

Muhajir. (2021). Mewujudkan Kreativitas Guru Dalam Membentuk Pembelajaran Aktif. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 8(1), 33–61. https://doi.org/10.47574/kalam.v8i1.82

Patimah, P. P. (2019). Penggunaan Model Active Learnng Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Inspirasi: Jurnal Ilmu-Ilmu …, 16(2). http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/1441

Rais, S., Sudirman, S., Listantia, N., Wardani, I. K., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X SMA Al-Hananiyah. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 228–231.

Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 56–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.35

Roza, D., & Hartati, S. (2021). Analisis Urgensi Strategi Pembelajaran Active Learning di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(3), 114508–114518.

Sari, R. M., Rusdi, R., & Maulidiya, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.31-39

Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Educatio, 13(1), 68. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.841

Siregar, Z. A., Kirana, I. O., Nasution, Z. M., & Hidayati, N. (2023). Penerapan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MTs Khairotul Islamiyah Pematangsiantar. 2(2).

Sri Wahyuningsih, Rustiyarso, R. A. (2017). Penerapan keterampilan bertanya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada sma santun untan pontianak. Vol 6, No, 1–10.

Sunadi, S., & Farhan, M. (2020). Implementasi Pembelajaran Aktif Mata Pelajaran Fiqih Di Mts N 1 Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa …, 803–810. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/12428

Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1364

Tombeg, S., Karwur, H., & Lobja, X. (2019). Optimizing the Use of Inquiry Strategy in Learning Population and Environmental Education. 363(Icss), 667–669. https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.92

Diterbitkan

2024-05-26

Artikel Serupa

1-10 dari 37

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.