Hubungan Media Pembelajaran dengan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Iptek Sengkol Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v6i01.4452Keywords:
Media Pembelajaran, Peningkatan Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk hubungan antara Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar siswa di SMP Negeri Iptek Sengkol. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2020. Metode didalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis numerika atau statistika dengan pendekatan korelasional atau adanya hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Proposive sampling. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dengan bentuk skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini korelasi product moment. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Variabel independen yaitu Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar di SMP Iptek Sengkol. Hasil perhitungan ini adalah dengan menggunakan program SPSS yang disajikan sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dari data perhitungan, disimpulkan bahwa variabel-variabel independen (X) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (Y). dengan nilai pegaruhnya antara variabel X dan Y yaitu sebesar 29,4 %, berdasarkan nilai R square. Maka menurut hemat peneliti bahwa dari variabel independen (X) yaitu Media Pembelajaran dan variabel dependen (Y) Motivasi Belajar terdapat hubungan yang signifikan karena antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan dari Uji F simultan nilai Fhitung dan Ftabel . jika nilai Fhitung > dari Ftabel maka variabel independen (X) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y) rumus mencari Ftabel = (k ; n-k) = (5 ; 37-5) = 5 ; 32 = 2,51 kesimpulan: -variabel independen (X) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (Y). Dengan demikian terdapat hubungan signifikan antara variabel X yaitu Media Pembelajaran dan variabel Y Motivasi Belajar dalam penelitian di SMP Iptek Sengkol.
References
Badaruddin, Achmad. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal, Jakarta: CV. Abe Kreatifindo, 2015.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana, 2017.
Darwis, Izmi. Modul Perkuliahan Metode Penelitian dan Metode Penulisan Karya Ilmiah, t.tp. 2019.
Durianti, Darmadi et.al. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset dan Perilaku Merek, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004.
Harisuddin, Muhammad Iqbal. Secuil Esensi Berfikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa, Bandung: PT. Panca Terra Firma, 2019, hal. 5.
Kusnadi, Edi, Metodologi Penelitian, Metro: Ramayana Pers dan STAIN Metro, 2008.
Muharto dan Arisandy Ambarita. Metode Penelitian Sistem InformasiYogyakarta, Deepublish, 2016.
Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
Riyanto, Selamet dan Aglis Andhita Hatmawan. Metode Riset Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Sihotang, Kasdin (ed). Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: UKI Atma Jaya, 2019.
Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cetakan ke 26, 2017.
Sumiharsono, M. Rudy dan Hasbiyatul Hasabah. Media Pembelajaran, Jawa Timur: Pustaka Abadi, 2017.
Taniredja, Tukiran dan Hidayati Mustafidah, Penelitian Kuantitatif, Bandung, Alfabeta, 2014.
Yulianto, Nur Achmad Budi et.al. Metodologi Penelitian Bisnis, Malang: Polinema Press, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com