Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Berbasis Kurikulum Merdeka Terhadap Kompetensi Guru PAI dan Budi Pekerti
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v9i02.15056Keywords:
Kelompok Kerja Guru (KKG), Kurikulum Merdeka, Kompetensi Guru PAI dan Budi PekertiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) berbasis kurikulum merdeka terhadap kompetensi guru PAI dan Budi Pekerti di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan positivistik dan pendekatan pedagogi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI dan Budi Pekerti di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang berjumlah 49 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi linear sederhana pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,423 > nilai ttabel=1,677, dan nilai sig < 0,05. Kontribusi pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 46,7%, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) berbasis kurikulum merdeka terhadap kompetensi guru PAI dan Budi Pekerti di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Implikasi dari penelitian ini yaitu sebagai bahan masukan bagi semua guru, khususnya guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kompetensinya melalui beberapa program pelatihan yang diadakan oleh KKG, baik itu melalui kegiatan seminar, workshop, maupun in-house training.
References
Departemen Agama RI. (2014). Al-Qur’an dan Terjemahnya (Cet. XVII). CV. Darus Sunnah.
Dewi, A. V., Wibisono, M. Y., & Hernawan, W. (2022). Amanah dalam Pandangan Hadis: Studi Tahkrij, Syarah, dan Tematik. Gunung Djati Conference Series, 8, 918. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/654/458
Egok, A. S. (2019). Profesi Kependidikan. CV. Pilar Nusantara.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. PT Bumi Aksara.
Hasibuan, H. (2016). Studi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Forum Paedagogik, 8(2), 16–17. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/571/
Kasnowo, K., & Hidayat, M. S. (2022). Penguatan Kompetensi SDM Guru melalui Kurikulum Merdeka di SDN Jatirejoyoso. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(3), 33–38. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i3.251
Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, (2022).
Kemendikbudristek. (2022). Surat Edaran No.2774/H.H1/KR.00.01/2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah Bab VI Pasal 16, Pub. L. No. 16 (2010). https://peraturan.bpk.go.id/Details/130781/peraturan-menag-no-16-tahun-2010
Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. PT.Bumi Aksara.
Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 53. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Bab IV Pasal 8, Pub. L. No. 14 (2005). https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Santosa. (2022). Fenomena Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pemanfaatan Digitalisasi di Era 5.0. Jurnal Ekonomi Teknologi & Bisnis ( JETBIS ), 1(2), 85–94. https://jetbis.al-makkipublisher.com/index.php/al/article/view/12/41
Shihab, Q. (2012). Al-Lubab: Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah-surah al-Qur’an. Lentera Hati.
Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian (Cet. XIV). Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R&D (Cet. XXII). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Winata, I. R. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru: Aktualisasi Keilmuan Melalui KKG. Jejak Pustaka.
Yumawan, R. L., & Anwar, C. (2022). Profesionalisme Guru Menurut Persfektif Al Quran dan Al Hadist. Basha’ir: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir, 2(1), 32. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com