Peranan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Alquran Anak di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v6i01.4474Keywords:
Kata Kunci, Orang tua, anak, minat, Al-Qur’anAbstract
Abstrak
Para orang tua khususnya yang berada di Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang terdiri dari beberapa kepala keluarga dengan berbagai macam profesi, ada yang bekerja sebagai pegawai negeri, pegawai swasta, berwira usaha, buruh dan lainnya. Dengan rutinitas atau kesibukan yang di lakukan para orang tua setiap harinya seharusnya tidak dapat mengurangi peran orang tua sebagi pendidik yang pertama bagi anak mereka. Akan tetapi ada beberapa dari orang tua yang kurang berperan di dalam mendidik anak mereka, khususnya dalam menumbuhkan minat membaca Alquran pada anak, di karenakan kesibukan akan pekerjaan mereka, terutama bagi para orang tua yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk bekerja setiap harinya, dan menyerahkan untuk membimbing anak mereka pada lembaga pendidikan seperti Tempat Pendidikan Alquran yang berada di sekitar tempat tinggal mereka. Hal tersebut menjadi salah satu permasalahan yang menghambat proses perkembangan pendidikan anak khususnya dalam menumbuhkan minat membaca Alquran anak karena kurangnya kerjasama antara penddidik dan perhatian dari orang tua itu sendiri, yang mana semestinya apapun pekerjaan atau profesi yang digeluti oleh seseorang/orang tua jangan sampai menjadi penghalang dalam mengarahkan dan membina anak-anak mereka kejalan yang benar, karena Pendidikan anak dimulai dari lingkungan keluarga. Orang tua mempunyai peranan yang tak terhingga dalam kehidupan anak, baik yang menyangkut pertumbuhan maupun perkembangan fisiknya. Oleh karena itu, tak dapat disangkal akan peranan orang tua dalam kehidupan anak secara luas.
References
Alquran dan Terjemahannya
Abdul Rahman Shaleh dan Mihbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu
Achmadi.1984. Ilmu Pendidikan suatu Pengantar, Salatiga: CV. Saudara.
Agus Sujanto. 1991. Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses, Jakarta : Aksara Baru.
Alimuddin Tuwu. 2013. Study Kasus, Jakarta: UI, 2013.
Aminuddin, et.al.2005.Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum, Bogor: Ghalia Indonesia.
Arif Furchan. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DEPDIKBUD. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka.
Djali. 2011. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gabriel Amin Silalahi. 2003. Metode Penelitian dan Studi Kasus, Sidoarjo: CV Citra Media.
Gunarsa. 1976. Psiologi Untuk Keluarga, Jakarta: Gunung Mulia.
Hadist Muslim.
Hasan el-Bugisy.2013. Gaul dengan Alquran, Jakarta: Genimirkat.
H.C. Whitherington. 1982. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar, Bandung : Jemmars.
Henry Guntur Tarigan. 1990. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.
Jack Richard.1999. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistic, Malaysia: Longman Group.
Kamus besar Bahasa Indonesia, 2008:1173
Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
M. Quraish Shihab.1992. Membumikan al-Qur'an : Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan.
Muhibbin Syah. 2006. Psikologi Belajar, Jakarta: PT RajaGrasindo Persada.
Nana Syaodig Sukmadinata. 2006. Metodologi Penelitian, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur Abdillah Hafidz.1997. Mendidik anak bersama Rasulullah, Bandung: Al-Bayan.
Pengantar Dalam Perspektif Islam, Jakarta : Prenada Media.
Saifudin Azwar. 2007. Metode Penelitian, yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soekanto. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Pers.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Penyususn Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Yusuf Qardhawi.1999. Berinteraksi dengan Alquran, Jakarta: Gema Insani Press.
Zaldy Munir. 2010, Peran dan Fungsih Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. http://zaldym.wordpress.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com