Pembelajaran Islam Pendekatan Multi, Inter, dan Transdisipliner (Hakikat dan Implementasinya)
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v9i01.14788Keywords:
dapat dipahami oleh disiplin ilmu mana pun secara terpisah. Kata Kunci, Islam, Multi, Inter, TransdisiplinerAbstract
Pendidikan adalah pilar fundamental dalam pembangunan masyarakat dan peradaban. Dalam konteks Pendidikan Islam, upaya untuk menyelaraskan nilai-nilai agama dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern menjadi suatu tantangan yang tak terhindarkan. Pendekatan transdisipliner, yang mengintegrasikan pemahaman dari berbagai disiplin ilmu, muncul sebagai alternatif yang menjanjikan dalam merespons kompleksitas tuntutan pendidikan masa kini. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Pendidikan Islam melalui pendekatan Multi, Inter, dan Transdisipliner Artikel ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian mengunakan studi literatur. Sumber data dan bahan analisis yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari berbagai referensi artikel ilmiah yang relevan dari berbagai jurnal dan buku. Berdasarkan penggalian terhadap data dari beberapa sumber yang digunakan didapatkan hasil bahwa pembelajaran Islam multidisipliner menekankan pada tinjauan multiperspektif ilmu yang terkait dengan masalah yang dipecahkan, tanpa menggabungkan ilmu-ilmu tersebut menjadi sebuah kesatuan ilmu. Sementara Pembelajaran Islam interdisipliner menekankan pada interaksi dan kolaborasi antar disiplin ilmu untuk menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif. Sedangkan Pembelajaran Islam transdisipliner menekankan pada interaksi dan kolaborasi antar disiplin ilmu untuk menghasilkan pemahaman baru yang tidak dapat dipahami oleh disiplin ilmu mana pun secara terpisah.
References
M. Qomar, Pendidikan Islam Multi, Inter, dan Transdisipliner, Malang: PT. Cita Instrans Selaras (Cilita), 2020
I. Mawardi, "Pendidikan Islam dan Sumber Daya Manusia Indonesia," IIP, 2013/2014.
Syukri, “Konsep Pembelajaran menurut Al-Qur’an,” Ulumuna, vol. XV, no. 1 JUNI 2011, pp. 1–28, 2011.
A. Hermawan, “Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali,” Jurnal Qathruna, vol. 1, no. 1, pp. 84–98, 2014.
M. Anshori, “Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an,” Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, vol. 1, no. 1, pp. 52–63, 2019.
D. Dariyanto, “Prinsip Pembelajaran Dalam Al-Qur’an,” ZAD Al-Mufassirin, vol. 4, no. 1, pp. 82–109, 2022, doi: 10.55759/zam.v4i1.36.
Muzammil, “Teori Belajar dalam Perspektif Barat dan Islam,” Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, vol. 3, no. 2, pp. 143–157, 2019.
Nurul Hidayati, “Teori Pembelajaran Al Qur’an,” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, vol. 4, no. 1, p. 32, 2021.
G. Wahab and Rosnawati, Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran, Pertama. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata, 2021.
S. Saefiana, F. D. Sukmawati, R. Rahmawati, D. A. M. Rusnady, S. Sukatin, and S. Syaifuddin, “Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar,” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , vol. 3, no. 1, pp. 150–158, 2022, doi: 10.33487/mgr.v3i1.3976.
Jaja. Suteja, “Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di Perguruan Tinggi (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke Arah Student Centered Learning),” Jurnal Edueksos, vol. VI, no. 1, pp. 81–100, 2017.
A. Z. Fitri, L. Indarti, and M. M. Nafis, Model Pendekatan Multi-Inter-Transdisipliner dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI. 2020.
S. S. Indra Wijaya, “Filosofi, Ideologi, dan Paradigma Pendidikan Islam Multi, Inter, dan Transdisipliner,” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, vol. 23, no. 1, pp. 55–77, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com