PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA MOTIF KAIN JARIK KHAS JAWA PADA MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.9591Kata Kunci:
LKPD Development, Ethnomathematics, Javanese Jarik Cloth MotifsAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa lembar kerja dengan pendekatan etnomatematika motif jarik jawa pada bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model pengembangan yang dimodifikasi dari model 4D. Subyek dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas III SDN Andongsari 3 Ambulu Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan lembar kerja. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dari lembar validasi ditemukan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid. Berdasarkan analisis data dari angket yang diberikan kepada siswa, diketahui bahwa LKPD yang dikembangkan rata-rata sebesar 81,69% dan termasuk dalam kategori praktis. Sedangkan berdasarkan analisis data dari hasil pengerjaan LKPD yang dikembangkan mencapai nilai 82,11% dan termasuk dalam kategori efektif.
Referensi
Abi, A. M., & Gella, N. J. M. (2019). Pengembangan Silabus, RPP dan LKS Materi Geometri Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Karakter. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3347.
Astuti, Zulfah, & Dicky, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9222-9231. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2452.
Istifadatul, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Arsitektur Masjid Jami' Al Baitul Amien Jember Terhadap Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung SMP Kelas IX. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Kofi, M. D., & Mamoh, O. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP Dan LKS Materi Segiempat Dan Segitiga Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Miomaffo Barat Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 1–13. http://jurnal.unimor.ac.id/JIPM/article/view/719/426.
Marfera, E., Noor, F., & Rahmita, N. (2022). Pengembangan LKPD Materi Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Batik Tanjung Bersinar Khas Tabalong. Jurmadikta: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(3), 94-102. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1459.
Nengsi, B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Masjid Jami' Tua Palopo Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palopo. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887.
Pratiwi, F. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Ethnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Limas SMP/MTs Kelas VIII. Skripis, UIN Raden Intan Lampung.
Purnamasiwi, E. A. (2017). Pengembangan Modul Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Siswa Sma Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Purwaningsih, M. R. D. (2019). Kajian Etnomatematika Terkait Aktifitas Pembuatan Kerajinan Pahat Batu di Dusun Sidoharjo, Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Saputra, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Melalui Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Untuk Siswi Kelas VII SMP PGRI Sungguminasa. Skirpsi, Universitas Muhammadiyah Makasaar.
Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 1–15. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.
Susanto E., Malalina., & Rika, F. Y. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Rumah Limas Dengan Menggunakan Metode Inkuiri. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 38-48. https://ejournal.unitaspalembang.com/index.php/nabla/article/view/98.
Talo, Y. A., I. M. Ardana, & I. W. Kertih. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Batu Kubur dan Rumah Adat Sumba Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 84-93. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.562.
Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Keraton Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 80–88. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i1.1527
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.