PENERAPAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SETTING KOOPERATIF PADA SISWA SMP DI TAKALAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v1i1.7341Kata Kunci:
Lingkungan Belajar, Media, KooperatifAbstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Takalar dengan melaksanakan pembelajaran matematika melalui pemanfaatan lingkungan belajar sebagai media pembelajaran setting kooperatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Takalar sebanyak 30 orang siswa yaitu 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan yaitu 3 kali pertemuan untuk pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk tes siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Setelah dilakukan pembelajaran selama dua siklus, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa meningkat.Referensi
Ahmadi Abu, dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Cet-I. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Cet-VI. Jakarta: Bumi Aksara.
Asman, Nur Ikhwan Rezki. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Komik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 195 Ekatiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Daud, Amir. 2007. Model-Model Pembelajaran. Makalah. Disajikan pada Kuliah Reguler Jurusan Pendidikan Matematika Univ. Muhammadiyah Makassar.
Depdiknas, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan. Cet-VI. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hidayah, Ashar. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Problem Posing Berlatar Kooperatif Pada Siswa Kelas II Akutansi 2 SMK Negeri 1 Sinjai. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Khaeruddin. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Makalah. Disajikan pada Seminar Nasional Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar, 10 Februari 2008.
Ratumanan, T.G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Sudjana, Nana dkk. 2001. Media Pengajaran. Cet-IV. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Cet-IX. Bandung: Alfabeta.
Sukerti, 2007. Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 26 Makassar. Skripsi. Unismuh Makassar.
Sumarni, 2006. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Herlang Kabupateng Bulukumba. Skripsi. Unismuh Makassar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.