MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DISERTAI UMPAN BALIK

Penulis

  • Sukarna Sukarna
  • Syafaruddin Syafaruddin UNM

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7227

Kata Kunci:

Prestasi Belajar, Tugas Terstruktur, Umpan Balik

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran melalui tugas terstruktur disertai umpan balik. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII/H SMP Negeri 1 Sungguminasa dengan jumlah siswa 36 orang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang diberikan pada setiap akhir siklus.   Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas VII/H SMP Negeri 1 Sungguminasa. Ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pada siklus I sebesar 78,30 yang berada pada kategori sedang dengan standar deviasi 7,77. Siswa yang tuntas belajarnya adalah 34 orang dengan persentase 94,44% sedangkan yang belum tuntas belajar 2 orang dengan persentase 5,56%. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,29 yang berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 5,79. Siswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 35 orang dengan persentase 97,22% sedangkan yang belum tuntas belajar berkurang menjadi 1 orang dengan persentase 2,78%. Di samping itu, data hasil observasi di setiap siklusnya menunjukkan adanya perubahan sikap siswa ke arah yang lebih positif, baik dari segi sikap dalam belajar, keaktifan, maupun kedisiplinan dalam mengerjakan tugas serta PR. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran tugas terstruktur disertai umpan balik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VII/H SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Referensi

Depdiknas, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Silabus Berdiversifikasi dan Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Eggen and Kauchak, 1996. Strategies for Teachers; Teaching Content and Think-ing Skills. USA: Allyn & Bacon.

Grundy, S., 1987. Curriculum: Product or Praxis? London, New York, and Phila-delphia: The Falmer Press.

Kardi, Soeparman & Nur Muhammad, 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kunandar, 2011. Pembelajan Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditani

Mulyono, 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta & Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi; kata pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtanto, 2002. Sekolah Para Juara. Bandung: Mizan Media Utama.

Morris, K., 1981. Matematika. Ilmu dalam perspektif, ed. Jujun S. Suriasumantri, Jakarta: Gramedia.

Moleong, L., 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Ro-sadakarya.

Sabri, 2004. Pembelajaran Authentic. Makalah disajikan dalam pelatihan guru sekolah di Enrekang tanggal 27 Juli 2004. Tidak diterbitkan.

Sad Iman, Muis, 2004. Pendidikan Partisipatif. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Salam & Hamzah, 2004. Pembelajaran Model Portofolio. Makalah: Tidak diterbit-kan.

Semiawan, Conny, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Shindunata, 2000. Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius Press.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pen-erbit Rineka Cipta

Suwarsono, St., 2002. Teori-teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelaja-ran yang Relevan untuk Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas

Susilo, 1998. Matematika yang Manusiawi. (dalam Sumaji. 1998. Pendidikan Sains yang Humanistis). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Diterbitkan

2012-12-01

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1-10 dari 129

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.