PERANCANGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KEMP PADA TOPIK BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7216Kata Kunci:
Rancanganpembelajaran, Model KempAbstrak
Untuk menciptakan pembelajaran yang baik dibutuhkan rancangan pembelajaran efektif yang memperhatikan unsur teknik, pendekatan dan metode-metode yang dapat memotivasi peserta didik aktif di kelas. Rancangan pembelajaran harus dimulai dengan memastikan bahwa suatu rancangan pembelajaran cocok dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus tahu perkiraan-perkiraan akan kebutuhan belajar yang dibutuhkan siswa yang dijadikan sebagai informasi awal untuk menyusun persiapan pembelajaran. Kegiatan perancangan ini dilakukan dengan memilih sekolah sebagai sumber informasi dalam menyusun rancangan pembelajaran matematika kelas VIII SMP. Sekolah yang dipilih adalah SMPN 6 Watampone yang bertempat di Kabupaten Bone. Pemilihan ini didasarkan pada aspek efisiensi waktu dan keinginan guru matematika sekolah tersebut untuk bekerjasama dengan penulis. Perancang mengikuti urutan logis perancangan dalam model yang disarankan oleh Jerrold E. Kemp, yaitu dimulai dari (1) mengidentifikasi masalah pengajaran (instructional problems), (2) menganalisis karakteristik siswa (learner characteristics), (3) mengidentifikasi isi materi pelajaran (subject content) dan menganalisis komponen tugas (task); (4) menyusun tujuan pengajaran (instructional objectives); (5) mengurutkan materi pelajaran (sequence content) dalam tiap satuan pengajaran; (6) merancang strategi belajar mengajar (instructional strategies); (7) merencanakan metode penyampaian materi (instructional delivery) dalam pembelajaran dan pengajaran; (8) mengembangkan instrumen evaluasi (evaluation) untuk menilai pencapaian tujuan; (9) memilih media (resources) yang mendukung aktivitas pembelajaran.Referensi
Chislett, V & Chapman, A. 2005. VAK Learning Styles Self-Assessment Ques-tionnaire.
Johnson, D. W. & Johnson, R. T. 2002. Meaningful Assessment: A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon, A Pearson Education Company.
Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. 1994. Designing Effective Instruc-tion. New York: Macmillan College Publishing Company.
Nurkancana, Wayan. 1993. Pemahaman Individu. Surabaya: Penerbit Usaha Na-sional.
Rahaju, E.B. dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII, Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depar-temen Pendidikan Nasional
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.