TEORI BELAJAR SKINNER

Penulis

  • Muh Syafir UNM
  • Ramlan Mahmud UNM
  • Ediaman Ediaman UNM

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7205

Kata Kunci:

Teori Belajar, Skinner

Abstrak

Burrhus Frederic Skinner merupakan satu pelopor progresivitas behaviorisme. Sebagai teoritisi, dia menolak semua teori kepribadian. Menurutnya, psikologi belum siap (belum memiliki data faktual) untuk membangun teori kepribadian yang mencakup segala hal. Dia tidak membahas topik kepribadian secara khusus kecuali sekedar menjadikannya sebagai label dari aspek tingkah laku tertentu. Karena penolakan inilah, Skinner kemudian menjelma menjadi tokoh behaviorisme paling produktif dalam mengemukakan gagasan dan penelitian, paling berpengaruh, dan paling berani dalam menjawab setiap tantangan dan kritik atas behaviorisme.

Referensi

Russefendi, E.T. 1988. Pengantar kepada Membentu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Santrock, John.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Bandung.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada: Ja-karta.

Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Diterbitkan

2011-01-09

Terbitan

Bagian

Articles