TEORI BELAJAR SKINNER
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7205Kata Kunci:
Teori Belajar, SkinnerAbstrak
Burrhus Frederic Skinner merupakan satu pelopor progresivitas behaviorisme. Sebagai teoritisi, dia menolak semua teori kepribadian. Menurutnya, psikologi belum siap (belum memiliki data faktual) untuk membangun teori kepribadian yang mencakup segala hal. Dia tidak membahas topik kepribadian secara khusus kecuali sekedar menjadikannya sebagai label dari aspek tingkah laku tertentu. Karena penolakan inilah, Skinner kemudian menjelma menjadi tokoh behaviorisme paling produktif dalam mengemukakan gagasan dan penelitian, paling berpengaruh, dan paling berani dalam menjawab setiap tantangan dan kritik atas behaviorisme.Referensi
Russefendi, E.T. 1988. Pengantar kepada Membentu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Santrock, John.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Bandung.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada: Ja-karta.
Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.