TEORI BELAJAR PERMAINAN DIENES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Muh Rusli Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuddi Syamsuddin
  • Lasarus Lasarus

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7199

Kata Kunci:

Teori Belajar, Dienes, Matematika

Abstrak

Perkembangan kognitif setiap individu yang berkembang secara kronologi tidak terlepas dari faktor usia, pola berpikir anak-anak tidak sama dengan pola berfikir orang dewasa, semakin ia dewasa makin meningkat pula kemampuan berpikirnya. Jadi, dalam memandang anak keliru jika kemampuan anak dengan kemampuan orang dewasa sama, sebab anak bukan miniatur orang dewasa. Selain daripada itu, perkembangan kognitif seorang individu dipengaruhi oleh lingkungan dan transmisi sosial. Jadi, karena efektivitas hubungan antara setiap individu dengan lingkunganya dan kehidupan sosialnya berbeda satu sama lain. Maka tahap perkembangan kognitif yang dicapai oleh setiap individu berbeda pula. Oleh karena itu agar perkembangan kognitif seorang anak berjalan secara maksimal diperkaya dengan pengalaman edukatif.

Biografi Penulis

  • Muh Rusli, Universitas Negeri Makassar
    Pendidikan Matematika

Referensi

Dahar, 1988. Teori-Teori Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pengambangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Lambas, dkk. 2004: Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika Buku 3: DEPDIKNAS.Jakarta

Nur, 1999. Teori Pembelajaran Kognitif. Universitas Negeri Surabaya.

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Unesa University Press, Surabaya.

Tim MKPBM, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

File Tambahan

Diterbitkan

2011-01-09

Terbitan

Bagian

Articles