PENGEMBANGAN GAME MONOPOLI BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15929Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Koneksi Matematis, Minat BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model pengembagan 4-D. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan atlast-I, uji aiken v, dan Uji t satu sampel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, proses pengembangan media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education, hasil uji validasi menunjukkan bahwa semua butir dinyatakan valid, rerata dari semua butir adalah 0,88, nilai V > 0,8 artinya sangat valid. Hal tersebut dapat dinyatakan bahwa media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education layak untuk digunakan. Berdasarkan uji efektivitas media melalui tes kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan uji t satu sampel diperoleh tobs = 1,550 dan tk = 0,182. Karena tobs > tk artinya media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi barisan aritmatika. Selanjutnya uji efektivitas media melalui angket minat belajar siswa menggunakan uji t satu sampel diperoleh tobs = 1,675 dan tk = 0,155. Karena tobs > tk artinya media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi barisan aritmatika. Sehingga pengembangan media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan minat belajar siswa.
Referensi
Abnisa, A. P., & Zubairi, Z. (2022). Personality Competence Educator and Students Interest in Learning. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 279–290. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1289
Amelia, D. P., & Harahap, A. (2021). Application of Interactive Multimedia-Based Mathematics Learning Media to Increase Students’ Interest in Learning. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3153–3161. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2040
Asfar, A. M. I. T., Sumiati, S., Asfar, A. M. I. A., & Nurannisa, A. (2022). Analysis of Students’ Mathematical Connection Ability Through Learning Strategies Based on Local Wisdom. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 170–185. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i1.22435
Asri, N. A., & Ginting, M. T. H. (2023). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 141–152. https://doi.org/https://doi.org/10.54170/harati.v3i2.226
Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688. https://doi.org/10.29333/iejme/5785
Iskak, K. B., Kusmayati, T. A., & Fitriana, L. (2020). Students’ mathematics representation ability from picture form to equation. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012164
Kasman, K., & Hamdani, Z. (2021). the Effect of Zoom App Towards Students’ Interest in Learning on Online Learning. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(3), 404–408. https://doi.org/10.31933/dijemss.v2i3.752
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80
Mamonto, F., Umar, M. K., & Paramata, D. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jambura Physics Journal, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.34312/jpj.v3i1.8137
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185. https://repository.lppm.unila.ac.id/43959/1/ARTICLE JPPPI.pdf
Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107
Salsabila, N. H., Hapipi, H., & Lu’luilmaknun, U. (2021). Game-Based Learning Media For Number Topic: Analysis And Design. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 13–25. https://doi.org/10.18592/jpm.v8i2.5749
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.