ANALISIS KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGADOPSI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15781Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, kesiapan guru, matematikaAbstrak
Kurikulum Merdeka merupakan inovasi pendidikan yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Implementasi kurikulum ini diharapkan dapat memberikan kebebasan kepada guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Latar belakang penelitian ini yakni penerapan Kurikulum Merdeka di SMA di Kota Gunungsitoli yang sudah mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023 khusus kelas X dan tahun ajaran 2023/2024 untuk kelas XI. Guru dalam hal ini meski sudah mengadopsi Kurikulum Merdeka namun sistem pembelajaran masih membutuhkan penyesuaian agar dapat menjalankan kegiatan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru matematika di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Gunungsitoli dalam mengadopsi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif, dengan menggunakan angket dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari guru matematika di 5 SMA di Kota Gunungsitoli yang telah mengadopsi Kurikulum Merdeka dengan jumlah informan 11 orang guru matematika, 5 orang kepala sekolah 1 orang wakil kepala sekolah. Hasil menunjukkan bahwa kesiapan guru matematika dalam mengadopsi Kurikulum Merdeka yaitu 86,18% berada pada rentang 76%-90% dengan kategori siap. Untuk meningkatkan kesiapan guru matematika dalam mengadopsi Kurikulum Merdeka, diperlukan upaya yang terkoordinasi dan pelatihan yang berkelanjutan.Referensi
Andari, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
Angga, D. (2022). Hubungan kurikulum dan implementasi pendidikan di Indonesia. Dalam S. Andari (Ed.), Pendidikan dan kurikulum di Indonesia (hlm. 15-25). Jakarta: Pustaka Indonesia.
Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2020). Landasan pendidikan: Hakikat dan tujuan pendidikan (Implications of Philosophical Views of People in Education). Method, 1(January), 1–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22158.10566
Ekawati, R., & Susanti, D. (2022). Analisis persiapan guru dalam melaksanakan sistem pembelajaran kurikulum merdeka di SD IV Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Media Ilmu, 1(1), 33–39.
Harefa, E., & Harefa, A. (2023). Analisis kesiapan guru matematika dan siswa dalam penerapan kurikulum merdeka SMP di Kecamatan Gunungsitoli. Jurnal Suluh Pendidikan, 11(2), 143–157. https://doi.org/10.36655/jsp.v11i2.1219
Hidayat, A., Nasution, T., & Mardiana, Y. (2019). Usaha sadar dalam pendidikan nasional. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 42–54.
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Sriwulandari, G., Rianto, S., & Afryansiah, N. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di SMA N 7 Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi. Horizon, 3(2), 209–218. https://doi.org/10.22202/horizon.v3i2.6822
Sriwulandari, G., Rianto, S., & Afryansiah, N. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di SMA N 7 Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi. Horizon, 3(2), 209–218. https://doi.org/10.22202/horizon.v3i2.6822
Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 495. https://www.cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/142
Wantiana, I., & Mellisa, M. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(3), 1461–1465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5149
Windayanti, Mihrab Afnanda, Ria Agustina, Emanuel B. S. Kase, Muh Safar, & Sabil Mokodenseho. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.