PENGEMBANGAN APLIKASI LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15547Kata Kunci:
Liveworksheets, E-LKPD, Perpangkatan, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media cetak lembar kerja peserta didik menjadi media yang interaktif berupa elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) berbantuan aplikasi web Liveworksheets pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengam model ADDIE yang teridiri dari beberapa tahap: (1) Analisis (analyze), (2) Perencanaan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Penerapan (implementation), (5) Penilaian (evaluation). Hasil analisis dari ahli media memperoleh persentase Hasil analisis data dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 91,07% dengan kriteria sangat valid dan hasil analisis data dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 92,08% dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis data angket respon siswa memperoleh skor rata-rata dari tiga aspek meliputi; (1) aspek isi materi sajian memperoleh 91%, (2) aspek kemudana 92%, (3) aspek kejelasan pesan yang disampaikan 91%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-LKPD berbasis aplikasi liveworksheets yang dikembangkan memperoleh kategori “sangat menarik”. Dengan demikian media E-LKPD yang dikembangkan melalui aplikasi liveworksheets sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Referensi
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306-316. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i3.1361
Asnawi, H. A., Maharani, S., & Setyansah, R. K. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Pada Materi Bilangan Berpangkat Untuk Kelas IX SMP/MTS di Kabupaten Madiun. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5661-5671. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12009
Charda Eben Haezer, O., & Danu Rusmawati, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Lkpd Interaktif Menggunakan Software Liveworksheets Pada Materi Matriks Di Kelas Xi Sman 1 Purwosari. Media Bina Ilmiah, 18(5), 1237-1248. https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.534
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468.
Efliana, R., & Azhar, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terstruktur Kelas XI SMA. Edukimia, 1(2), 53-60
Fatkhur, R. E., & Candra, H. R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet untuk Memfasilitasi Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4(2), 2024. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i2.346
Hariyati D.P., & Rachmadyanti P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10(7), 1473-1483.
Kurnia, A. W., & Azhar, M. (2023). Pengembangan LKPD Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Liveworksheet Untuk Fase F SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16582-16588. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9004
Nianti, R. E., Haryati, S., & Herdini, H. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Berbantuan Liveworksheets Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 7(1), 34-41. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7813
Praherdhiono, H,. Setyosari, P., & Degeng., I. N. S., (2019), Teori Dan Implementasi Teknologi Pendidikan (Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0), Malang, CV. Seribu Bintang.
Rahmawati, E., Kaspul, K., & Zaini, M. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Liveworksheet Konsep Sistem Sirkulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis SMA. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i1.6
Ramdani, R., Muslimin, N. A., & Husein, H. (2022). Pengaruh Liveworksheets Dalam Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Barru: Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 243-251. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i3.1471
Renostini, H. A. (2023). Pengembangan Lembar Peserta Didik Ipa Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Nias, 1(1). https://ojs.unias.ac.id/index.php/gb
Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Geometri Dan Pengukuran. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 165-172. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2674
Sugiyono, (2019), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Yulia, P., & Navia, Y. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras, 6(2), 100–105. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.905
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.