ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NOLTING DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOLB
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15316Kata Kunci:
kesalahan, teori nolting, literasi matematika, gaya belajar kolbAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan siswa berdasarkan Teori Nolting dalam menyelesaikan soal literasi matematika, serta untuk meninjau perbedaan kesalahan antara siswa Gaya Belajar Kolb Tipe Konvergen dan Akomodasi. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan subjek yang terdiri dari siswa 28 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi penggunaan angket Gaya Belajar Kolb, tes literasi matematika, dan wawancara. Secara umum, teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa dengan gaya belajar konvergen dan akomodasi adalah kesalahan konsep (Co) dan kesalahan menerapkan (Ap). Diketahui faktor penyebab kesalahan siswa di antaranya tidak memperhatikan informasi soal dengan baik, kurang teliti dalam menentukan jawaban, lupa menuliskan rumus/konsep, tidak mampu menerapkan rumus/konsep, tidak memahami langkah penyelesaian soal, terburu-buru, tidak menyelesaikan penyelesaian secara keseluruhan, dan tidak mengetahui kesimpulan jawaban. Temuan utama penelitian adalah siswa gaya belajar konvergen cenderung melakukan sedikit kesalahan, sedangkan siswa akomodasi cenderung paling banyak melakukan kesalahan Nolting.Referensi
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=M_UrEAAAQBAJ
Agustini, Grashinta, A., Putra, S., Sukarman, Guampe, F. A., Akbar, J. S., Lubis, M. A., Maryati, I., Ririnisahawaitun, Mesra, R., Sari, M. N., Tuerah, P. R., Rahmadhani, M. V., & Rulanggi, R. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif) Agustini,. In Metode Penelitian Kualitatif (Issue 1). http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Aliudin, F. A. (2021). Literasi matematika siswa sekolah menengah pertama ditinjau dari gaya belajar menurut David Kolb. 1–70. http://etheses.uin-malang.ac.id/30566/1/17190032.pdf
Amelia, E., Pujiastuti, H., & Nindiasari, H. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar David Kolb. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 278–288. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.557
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Prisma, 1(1), 5–24.
Cahyani, C. A., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257
Chasanah, A. nurul, Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 46–56. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/10621%0A
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Fatkhiyyah, I., Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen, 5(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.928
Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten uncertainty and data. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1034–1043. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.149
Fitni, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman pada Materi Statistika Ditinjau dari Gaya Belajar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 1–10.
Forum, W. E. (2015). Visi baru untuk pendidikan. Cologny/Jenewa Swiss. www.weforum.org%0A
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hanifah, S. N., & Novaliyosi. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar Kolb. 23(2), 204–217.
Kemdikbud. (2023). Rapor pendidikan Indonesia tahun 2023. 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login
Kemendikbud. (2017). Gerakan literasi nasional materi pendukung literasi numerasi. In Jakarta:Tim Gerakan Literasi Nasional (Vol. 8, Issue 9).
Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan siswa SMK dalam memecahkan masalah literasi matematis pada bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 101. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p101-106
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Mursyidah, D. (2023). Analisis kompetensi numerasi dan kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal AKM pada konten analisis data dan peluang.
Nolting, P. D. (2012). Math study skills workbook : your guide to reducing text anxiety and improving study strategies.
Prabawati, M. N., Muslim, S. R., & Mansyur, Z. (2021). Analisis kesalahan siswa sekolah menengah pertama di kota Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal literasi matematis pada materi SPLDV. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3661
Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Rachma, N. A. M., & Rosnawati, R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Menggunakan Tes Testlet. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(2), 231. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18707
Rahayu, S., Setyawati, D. U., & Febrilia, B. R. A. (2021). Kesalahan dan Miskonsepsi dalam Aljabar. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 38. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4267
Rahim, M. E., Gani, M. A., Lestari, M., & Mutmainnah, M. (2023). Gaya belajar yang berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika: literatur review. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 303–312. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.320
Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS (meta analisis). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923
Rosyid, M. Z., & Thoha, M. (2018). Model Berpikir Konvergen Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pengukuran Waktu. 6(2), 291–300.
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Syarah, F., Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Materi Aljabar. Journal on Education, 05(04), 16067–16070. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.